|

263 Polhut Seluruh Indonesia Ikuti Diklat Reguler 2024

Kasetukpa Polri Brigjen Mardiaz sematkan tanda peserta Diklat. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Sukabumi : Sebanyak 263 polisi kehutanan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) Pembentukan Reguler tahun 2024 di Setukpa Lemdiklat Polri. 

Pendidikan dibuka oleh Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto pada Senin (19/01/2024) di Lapangan Garuda Nusantara. 

Diklat Pembentukan Reguler Polhut ini merupakan kerjasama Kementrian LHK RI dengan Baharkam Polri, Lemdiklat dan Setukpa Lemdiklat Polri. 

Diikuti oleh 263 anggota Polhut terdiri dari 213 pria dan 50 wanita dari seluruh Balai Dinas Kehutanan. 

Kasetukpa Brigjen Mardiaz menyampaikan bahwa Diklat pembetukan Polhut digelar selama 45 hari setara dengan 400 jam pelajaran. 

Bertujuan untuk menghasilkan anggota Polhut yang memiliki kemampuan melakukan pengamanan, pencegahan, penangkalan dan penindakan yustisil sesuai dengan peraturan perundang-undangan kehutanan secara professional, berintegritas, responsive dan inovatif.

" Untuk mendukung tujuan Diklat tersebut, Setukpa Lemdiklat Polri telah menyusun program pendidikan yang disesuaikan dengan tujuan pendidikan dan tuntutan organisasi, baik secara teori maupun praktek dilapangan," ujarnya. 

Kegiatan Diklat Pembentukan Polisi Kehutanan antara lain ialah aktivitas fisik seperti pembinaan kesamaptaan jasmani yang dilakukan setiap hari, kemudian latihan beladiri, peraturan baris berbaris, SAR dan latihan menembak.

Bukan hanya aktivitas fisik, para peserta Diklat juga dibekali dengan pembelajaran klasikal, seperti materi Operasi Penertiban, Pengamanan TKP, Teknis Patroli, Teknis Pengawalan, Teknis Penjagaan, Deteksi Dini, Penggunaan Alat Komunikasi dan pembelajaran teknis Polhut lainnya.

Diklat Polisi Kehutanan itu juga membentuk sikap mental, perilaku dan kedisiplinan yang akan menjadi bekal dalam melaksananakan kebijakan publik, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas serta mempererat persatuan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pembelajaran tersebut kemudian dimantapkan dengan Latihan Teknis dan Latihan Kerja yang akan dilaksanakan dilingkungan nyata sesuai dengan medan tugas Polhut, guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan diaplikasikan di wilayah kerja masing-masing setelah dilantik menjadi Polisi Kehutanan.

Dalam kegiatan itu turut dihadiri pula oleh Kapusdiklat SDM LHK, Sekretaris Ditjen Gakum LKH, Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan Ditjen Gakum LHK, Perwakilan Kepala Dinas yang membidangi kehutanan. 

Lalu para Kepala UPT Kementrian LHK, Kabag Kerma Baharkam Polri, Kabag Kermadiklat Lemdiklat Polri, Waka Setukpa Lemdiklat Polri, para pejabat utama Setukpa Lemdiklat Polri serta personil. (imc/joey)

Komentar

Berita Terkini