|

Pj Gubsu Buka Pelatihan Bagi Media Guna Wujudkan Jurnalisme Berkualitas

Asisten Adum Setdaprovsu pada pembukaan pelatihan. (foto : dok)

INILAHMEDAN
- Medan : Guna kepedulian dan penguatan etika terhadap wartawan dalam mewujudkan jurnalisme berkualitas. 

Dewan Kehormatan Provinsi Persatuan Wartawan Indonedia (DKP PWI) Sumut mengadakan Pelatihan jurnalistik pada Senin (11/12/2023) di Hotel Grand Ina Medan.

Kegiatan tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Setdaprovsu Lis Andayani Siregar mewakili Pj Gubernur Sumut. 

Ia menyebutkan, wartawan atau jurnalis merupakan warga terdepan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. 

Pj Gubernur melalui sambutan tertulis menyampaikan pula bahwa jurnaslistik tidak bisa berdiri sendiri, tapi semua pihak termasuk pemerintah dengan media harus saling bersinergi dalam menyampaikan informasi melalui pemberitaan yang akurat. " Tentunya dengan etika jurnalistik," sebutnya. 

Pj Gubernur berharap pula wartawan tidak membuat informasi hoax atau berita propaganda yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. 

Ia mengajak media untuk meningkatkan indeks kemerdekaan pers Sumatera Utara berdasarkan supremasi hukum, karena Sumut saat ini berada pada urutan 28 dari 33 provinsi. 

" Padahal tokoh PWI berasal dari Sumut, tapi indeks kebebasan pers urutan 28," ungkapnya. 

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik mengatakan etika pers sangat penting bagi wartawan dan harus ditaati dan dilaksanakan. 

" Jika etika jurnalis dilakukan, wartawan tidak perlu kuatirkan adanya hambatan dan larangan kebebasan pers dan insya Allah aman semua," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DKP PWI Sumut Muhammad Syahrir melaporkan kegiatan pelatihan jurnalistik bertemakan penguatan etika profesi mewujudkan jurnalistik berkualitas diikuti sekira 100 peserta dari pengurus PWI Sumut, mahasiswa dan unsur intelektual perguruan tinggi. (imc/joey) 



Komentar

Berita Terkini