|

KPU Sumut: Media jadi Mitra Penting Tingkatkan Partisipasi Pemilih

kegiatan diskusi KPU Sumut, KIP dan Media. (foto : dok)

INILAHMEDAN
- Medan : Keberadaan media menjadi bagian penting dalam menyukseskan jalannya pemilu 2024.

Karena, keberadaan media menjadi saluran informasi bagi masyarakat terkait seluruh tahapan pemilu termasuk sosok-sosok yang menjadi peserta pada pemilu itu sendiri.

Ketua Divisi SDM KPU Sumatera Utara, Robby Effendi menyampaikan hal itu saat membuka 'Diskusi dan Peningkatan Peran Media pada Pemilihan Umum Tahun 2024' di Hotel Emerald, Medan, Selasa (05/12/2023).

" Dalam beberapa kesempatan rakor di KPU Pusat, selalu ditegaskan pers sebagai mitra stratgis dalam menyambung informsai kegiatan KPU demi peningkatan partisipasi pemilih," katanya yang juga didampingi anggota KPU Sumut lainnya Raja Ahab dan Sitori Mendrofa.

Robby menjelaskan, diskusi yang digelar itu diharapkan menghasilkan berbagai masukan mengenai pola-pola kerjasama antara KPU Sumatera Utara dengan kalangan media. 

Hal ini menjadi penting mengingat KPU Sumut juga memiliki tugas menyukseskan pemilu termasuk beban moral untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

" Hanya saja perlu kita pahami bersama bahwa KPU ini berbeda dengan instansi lain yang dipimpin seorang dengan sebutan jabatan kepala. Kalau kami pimpinannya disebut ketua yang artinya semua kebijakan harus dibicarakan untuk diputuskan," ungkapnya.

Melalui kegiatan tersebut KPU Sumut juga berharap peran serta dari seluruh kalangan media dalam mempublikasikan berbagai kegiatan yang sudah mereka lakukan berkaitan dengan tahapan pemilu. 

Antara lain, rekrutmen KPPS yang akan berlangsung pada 11 Desember 2023 mendatang hingga informasi mengenai pergerakan distribusi pemilu 2024 yang sudah berjalan ke daerah. (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini