|

4 Tahanan Rutan Lari, 1 Masih Dikejar

Luis napi yang lari dari Rutan. (foto : dok)

INILAHMEDAN
- Takengon : Masih ingat 4 narapidana (Napi) yang lari dari Rutan kelas II B Takengon, sampai saat ini satu lagi masih belum berhasil diringkus kembali alias belum dapat. 

Yakni Luis yang berstatus narapidana itu hingga kini terus diburon dan dikejar petugas.

Walau telah dilakukan pencarian ke sejumlah daerah, termasuk di luar Provinsi Aceh, namun Napi yang terjerat hukum dalam kasus curanmor itu masih berkeliaran. 

" Dari empat narapidana yang melarikan diri, tiga di antaranya telah kami tangkap. Tapi satu lagi masih terus kami buru," ungkap Kepala Rutan Kelas II B Takengon, Husni, kemarin. 

Pelarian Luis bersama tiga narapidana lainnya dilakukan dengan cara memanjat plafon ruang tahanan. 

Husni beralasan bahwa kondisi bangunan Rutan yang sudah tua menjadi faktor resiko, terutama terkait keamanan dan ketertiban para Napi yang ada. 

" Saat kabur, salah satu alasan utamanya adalah akses yang dekat dengan plafon, mengingat tidak ada jeruji besinya," kilahnya. 

Menurutnya, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan dengan memasang sekat-sekat di berbagai bangunan, namun narapidana masih mampu mengatasi hal tersebut dan melarikan diri.

Ia juga berharap dari kejadian tersebut akan menjadi evaluasi serius bagi pihak berwenang terkait kondisi bangunan lama Rutan Takengon.

" Kami harapkan ada evaluasi dari pimpinan mengenai kondisi bangunan yang sudah tua ini agar memudahkan petugas dalam pengamanan narapidana," ucapnya. 

Secara teknis, katanya, pembinaan terhadap narapidana telah dilakukan dengan baik, termasuk di bidang keagamaan dan keterampilan. 

Husni tidak menutup mata terhadap kemungkinan adanya narapidana yang memiliki niat untuk melarikan diri.

" Kami mengimbau kepada narapidana yang kabur untuk segera menyerahkan diri dan kepada masyarakat yang memiliki informasi agar melaporkan kepada petugas atau kepolisian terdekat," imbuhnya. 

Diketahui, kejadian larinya ke empat narapidana dari Rutan Kelas II B Takengon saat sholat Jumat (17/11/2023).

Tiga telah berhasil ditangkap, sedangkan satu napi lagi bernama Luis yang hingga kini masih berkeliaran di luar dan terus menjadi kejaran petugas. (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini