|

Pj Bupati Tapteng Teken NPHD Dengan KPU dan Bawaslu

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan penandatanganan Naskah Hibah Daerah (NPHD) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapteng untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Tapteng: Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan penandatanganan Naskah Hibah Daerah (NPHD) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapteng untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024.

Diketahui jumlah dana hibah untuk KPU Tapteng yang ditandatangani sebesar Rp31,140 miliar kemudian pada tahun 2023 sudah ditampung senilai Rp8,562 Miliar melalui P-APBD tahun anggaran 2023 dan sisanya sebesar Rp22,577 miliar ditampung di tahun anggaran 2024.

"Untuk ke Bawaslu Tapteng akan menyusul hanya terkendala di teknis. Dalam tahun ini pastinya akan menyusul,” ucap Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta krpada wartawan, Rabu (29/11/2023).

Sugeng menjelaskan sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri Nomor 54 tahun 2019 dan perubahan Permendagri Nomor 41 tahun 2022, untuk Pilkada Serentak tahun 2024, Pemerintah Daerah menyediakan pendanaan bersama antara provinsi dan kabupaten/kota, yang dibebankan pada APBD masing-masing. 

“Pemilu Legislatif, Presiden, Pemilukada 2024 wajib terlaksana dengan baik dengan jujur dan adil (Jurdil). ASN, Kepala Desa dan perangkat desa netral, agar konteksasi pemilu itu benar-benar fight dan terlaksana dengan sebaiknya," kata Sugeng.

Sugeng juga menyebutkan bahwa pemerintah tugasnya menyiapkan anggaran tahun 2023-2024 akan disiapkan senilai Rp47 miliar nantinya.

“Ini bukan angka kecil, melihat dari kemampuan fisikal kita sebenarnya ini berat karena harus rekofusing dan segala macam tetapi karena ini menjadi prioritas nasional itu yang harus kita dukung,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Tapanuli Tengah, Wahid, mengatakan, dengan anggaran yang diterima saat ini pihaknya mengakui sudah cukup untuk melaksanakan pemilu yang demokratis.

"Kami juga berharap semua dukungan peserta pemilu pemerintah dan instansi terkait dan seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung sepenuhnya kinerja kami (KPU) tetap netral di Kabupaten Tapanuli Tengah,” pungkasnya. (imc/riz)

Komentar

Berita Terkini