|

Serba-serbi PRSU, PT PSU Pamer Produk UMKM dan Bibit Sawit

PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU) memamerkan berbagai inovasi dan produk UMKM binaannya di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 49.(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: PT Perkebunan Sumatera Utara (PSU) memamerkan berbagai inovasi dan produk UMKM binaannya di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 49.

"Di sini kita ada memamerkan produk UMKM binaan PSU yang merupakan warga yang berada berdekatan dengan lingkungan areal perkebunan. Ada pun produk hasil kerajinan yang dipamerkan ada berupa tas sandang yang terbuat dari bahan pokok pisang serta berbagai kerajinan batik," ungkap Rendi, Kaur Bagian Hukum didampingi Hanifi Kaur Bagian Rumah Tangga PT PSU yang ditemui di stan PT PSU Rabu, (05/07/2023). 

PT PSU yang memiliki lahan perkebunan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan Kabupaten Batubara ini juga memamerkan berbagai tipe bibit sawit dan produk turunannya seperti tipe bibit Pisifera (sawit Cangkang besar dengan inti kecil), tipe bibit Dura (sawit yang meiliki cangkang tipis tapi intinya besar dengan memiliki kandungan minyak yang rendah hanya sekitar 16-18 persen) dan tipe bibit Tenera ( bibit unggul) yang memiliki nilai komersial tinggi karena merupakan perpaduan tipe bibit jenis Pisifera dengan Dura. 

"Disini juga ada kita pamerkan Crude Palm Oil (CPO) yang merupakan minyak kelapa sawit yang paling banyak dikonsumsi dan Palm Karnel (inti kelapa sawit) dan turunannya di antaranya cangkang sawit yang dapat digunakan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) sebagai bahan bakar dan serabut benang  (palm press fiber) yang bisa digunakan sebagai bahan bakar listrik tenaga uap," terangnya. 

PT PSU merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang didirikan berdasarkan Perda tahun 1979.

Komoditas yang dihasilkan dari perkebunan kelapa sawit antara lain minyak sawit mentah (crude palm oil), inti kernel kelapa sawit (kernel oil) dan tandan buah segar (TBS).(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini