|

Pemko Medan Masifkan Becak Angkut Sampah di Kecamatan

Wali Kota Medan Bobby Nasution menginstruksikan jajaran kecamatan untuk memasifkan armada kebersihan, termasuk becak pengangkut sampah untuk mengangkut sampah rumah tangga. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution menginstruksikan jajaran kecamatan untuk memasifkan armada kebersihan, termasuk becak pengangkut sampah untuk mengangkut sampah rumah tangga. 

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Bobby menjadikan penanganan sampah sebagai salah satu program prioritas Pemko Medan. Penanganan sampah telah dilakukan dari hulu hingga hilir. 

Dengan memasifkan becak sampah, kata Bobby, dapat mengangkut sampah di seluruh wilayah yang tidak dapat terjangkau oleh armada truk. 

Optimalisasi becak sampah salah satunya telah dilakukan jajaran Kecamatan Medan Belawan. Menurut Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap, armada becak sampah setiap harinya secara masif bergerak mengangkut sampah rumah tangga di setiap rumah warga yang ada di jalan atau gang kecil. 

"Jumlah armada becak sampah kita yang beroperasi dan kondisinya layak jalan berjumlah 24 unit. 15 unit di antaranya dipakai petugas bestari dan melati. Sisanya 9 unit dipakai P3SU. Seluruh armada becak sampah ini mengakut sampah rumah tangga maupun sampah dari jalanan," kata Subhan Fajri Harahap, Kamis (06/07/2023).

Kata Subhan,  jam operasional becak sampah ini setiap harinya mengangkut sampah dari jam 06:00 Wib pagi sampai jam 14 :00 Wib. Petugas menyisir sampah dari gang kecil atau jalan yang tidak dapat dilalui truk pengangkut sampah.

"Kita terus optimalkan penggunaan becak sampah sesuai instruksi pak Wali guna menjadikan wilayah Kecamatan Medan Belawan bersih dan mewujudkan program prioritas beliau di bidang kebersihan," jelasnya.

Pengoptimalan becak sampah juga dilakukan Kecamatan Medan Johor. Camat Medan Johor Chandra Dalimunthe menjelaskan seluruh armada becak sampah yang ada dioptimalkan untuk mengangkut sampah rumah tangga masyarakat yang berada di komplek perumahan dan jalanan maupun gang - gang yang sulit terjangkau truk sampah. 

"Becak sampah yang ada di Kecamatan Medan Johor berjumlah 26 unit. Untuk mobilitasnya becak sampah ini mulai beroperasi setiap harinya pukul 06:00 Wib sampai pukul 14:00 Wib menyisir setiap sudut wilayah di enam kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Johor. Artinya kita terus masifkan Becak sampah untuk mengangkut sampah rumah tangga," jelasnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini