|

Pergatsi Sumut Siap Rebut Dua Emas di PON XXI

Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sumut menargetkan dua medali emas pada PON XXI/2024. Dua medali emas itu dari dua nomor yakni triple campuran dan double campuran. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sumut menargetkan dua medali emas pada PON XXI/2024. Dua medali emas itu dari dua nomor yakni triple campuran dan double campuran. 

Pada Kejurnas 2022 di Yogyakarta, Pengprov Pergatsi Sumut meraih peringkat 3 besar nasional dengan perolehan 1 medali emas di nomor double putri, 2 perak di nomor triple putri dan triple campuran. 

Jumlah atlet Pergatsi Sumut yang ikut Pelatda saat ini sebanyak 17 atlet, tiga pelatih teknik, satu pelatih fisik, 8 orang prioritas, 2 super prioritas dan 7 unggulan. 

Super prioritas adalah perolehan medali emas saat Kejurnas 2022 dan prioritas adalah perolehan medali perak saat Kejurnas. Sedangkan unggulan adalah perolehan medali emas saat Kejurda.

“Adapun kebutuhan total atlet pada PON 2024 kita sebanyak 26 orang. Namun saat ini atlet kita yang ikut Pelatda sebanyak 17 orang. Harapannya atlet kita fulltime. Kita juga telah melakukan penyeleksian secara ketat baik fisik, tes parameter dan keterampilan,” kata Binpres Pergatsi Sumut Jhonson Roy Hutapea didampingi Bendahara Mainila Yanti kepada wartawan di Posko Publikasi PON XXI/2204 kantor Diapora Sumut, Kamis (22/06/2023).

Langkah-langkah Pengprov Pergatsi Sumut menuju target tersebut, kata Jhonson, dengan meningkatkan  persentase latihan dibantu KONI Sumut dan mendapat pelatih SC. 

“Saat ini kita melakukan persiapan umum 75 persen, teknik 25 persen dan dilanjutkan pada Juli 2024 persentase latihan 75 persen untuk tehnik dan 25 persen untuk fisik. Mengapa terbalik, karena kita mengikuti open internasional turnamen di Subang,” ujar Jhonson.

Jhonson berharap KONI Sumut dan Dispora Sumut mendatangkan pelatih dari luar yang tentunya mempunyai catatan prestasi yang baik di Indonesia.

“Ini harapan kita kepada KONI Sumut dan Dispora bisa membantu mendatangkan pelatih dari luar,” harapnya. 

Menghadapi PON 2024, sebut Jhonson, pihaknya terus memberikan motivasi kepada para atlet untuk bersatu meraih medali emas. 

"Pergatsi pada PON 2024 ini merupakan yang perdana setelah pada PON XX dicoret bersama 10 cabor lainnya dengan alasan tidak punya persiapan," katanya. 

Sementra Waspin Hendrick Napitupulu optimis para atlet Gateball meraih medali melihat keseriusan berlatih atlet. 

“Target medali emas pada PON nanti mudah-mudahan dapat kita raih," katanya.(imc/bsk) 


Komentar

Berita Terkini