|

PWI Sumut Beri Penguatan dan Pemantapan Keanggotaan Dari Labuhanbatu

Pemberian plakat kepada ketua PWI Sumut Farianda dari Ketua PWI Labuhanbau Rony. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
: Medan : Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara menjadi pemateri dalam rangka penguatan dan pemantapan kapasitas para anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu di Gedung PWI Sumut Parada Harahap, Medan, Senin (22/05/2023).

Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal, anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu yang mengikuti pemantapan dan kapasitas itu, agar kita semua dapat memahami cara berorganisasi di wadah PWI. 

Ia mengatakan PWI adalah rumah kita yang harus dijaga dan dirawat, jangan pernah mengotori rumah tersebut, khususnya pada anggota Muda PWI Labuhanbatu. Kegiatan dimulai sejak 21 s/d 23 Mei 2023.

Ia juga berharap agar seluruh anggota bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin kegiatan penguatan dan pemantapan anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu tersebut.

" Ayo mari sama-sama kita besarkan PWI di Kabupaten Labuhanbatu dan harus kita tunjukkan bahwa anggota PWI itu, tampil beda tunjukkan profesional dan kita semua harus beretika setelah ikuti UKW," imbuhnya.

Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga melalui Kadis Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti, PWI adalah organisasi kewartawanan di Indonesia sedangkan anggota PWI telah mewajibkan seluruh anggota agar memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Dia menjelaskan, Pemkab Labuhanbatu mendukung dalam hal kegiatan karena sangat positif yang telah terlaksana pada hari itu melalui tema penguatan dan pemantapan kapasitas anggota PWI Labuhanbatu.

Terlihat dengan adanya kinerja Pemkab Labuhanbatu, kini telah meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) meskipun baru dinantikan pada 2023 dengan terakhir diterima  2015. 

Namun keberhasilan pemerintah kabupaten melalui profesi wartawan dengan memiliki secara profesional dan bermartabat seperti PWI, diharapkan agar terus bekerjasama memberikan informasi dalam pembangunan daerah Labuhanbatu.

" Iya, saya yakin dengan wartawan sudah dinyatakan lulusan atau kompetensi sudah pasti menjadi wartawan yang profesional dan bermartabat dengan keyakinan dapat memberikan kontribusi pembangunan daerah melalui informasi berita."jelasnya. 

Sementara, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, kegiatan penguatan dan pemantapan kapasitas anggota PWI Labuhanbatu merupakan salah satu agenda PWI Sumut setelah tahun yang lalu kita melaksanakan UKW dan penjaringan anggota PWI Muda.

" Saya tidak ingin wartawan PWI itu hanya pandai menulis tetapi juga harus pandai berkomunikasi dan tampil beda dengan wartawan lain yang bukan anggota PWI karena seluruh wartawan PWI sudah lulus UKW," ucapnya. 

Selanjutnya, kata dia, sebagai wartawan PWI tentu harus punya adab karena sesuai semua dengan yang telah dipelajari ketika mengikuti ujian kompetensi wartawan adalah bekal yang telah dimiliki serta cukup dipahami. 

" Sekali lagi saya tegaskan untuk jaga nama baik PWI Sumut khusus Kabupaten Labuhanbatu. Dan jaga marwah PWI dan jadilah wartawan yang beretika dan bermartabat," tukasnya. 

Kegiatan juga pemberian plakat dari Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal kepada Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik didampingi Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean dan pengurus lainnya.

Sedangkan pemaparan materi melalui narasumber yakni, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumut M Syahrir, Sekretaris SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Rifki Warisan dan moderator Austin Tumengkol serta Amru Lubis. 

Turut hadir pula antara lain, Sekretaris PWI Kabupaten Labuhanbatu Kurnia Hamdani, Bendahara Deni Syafrizal Daulay, para pengurus PWI Sumut dan 22 peserta dari keanggotaan PWI Labuhanbatu. (imc/joy) 



Komentar

Berita Terkini