|

Dishub Sumut Maksimalkan Kelancaran Mobilitas Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus Panjaitan didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sumut Harvina Zuhra dalam peparannya terkait Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2023 di Sumut pada jumpa pers di Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (05/04/2023).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara akan memaksimalkan kelancaran mobilitas penumpang arus mudik maupun arus balik pada Lebaran tahun 2023 ini.

"Kita (Dishub Sumut) telah mempersiapkan sarana dan moda angkutan seperti angkutan jalan raya, kereta api, penyeberangan dan angkatan laut maupun udara untuk kesiapan arus mudik tahun ini. Persiapan tersebut juga termasuk jalan yang dilalui atau lintasan serta dermaganya," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus Panjaitan didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sumut Harvina Zuhra dalam peparannya terkait Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2023 di Sumut pada jumpa pers di Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (05/04/2023).

Agustinus mengungkapkan arus mudik berlangsung mulai 17 hingga 21 April 2023 dan puncak arus mudik pada 20-21 April 2023. Arus balik pertama, 24 hingga 26 April 2023 dan arus balik kedua, 29 April hingga 2 Mei 2023.

Dari survei potensi pergerakan pemudik Lebaran 2023, pemudik banyak menggunakan transportasi, seperti mobil pribadi 22,07%, sepeda motor 20,30%, bus 18,39%, Kereta Api 11,09% dan mobil sewa 7,7%.

"Karena sepeda motor tertinggi nomor dua, kita coba melakukan pengalihan penggunaan transportasi dari sepeda motor ke bus, seperti kita lakukan mudik gratis. Hal itu untuk menekan angka kecelakaan lalulintas," jelas Agustinus.

Dinas Perhubungan Sumut juga memperhitungkan jika arus mudik pada Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 mereka yang akan pergi atau meninggalkan Sumut sekitar 4,4 juta orang. Sedangkan pemudik dari luar yang datang sekitar 2,3 juta orang.

Untuk potensi pergerakan pemudik secara nasional mencapai 123,8 juta dan Sumatera Utara masuk sebagai peringkat ke-5 daerah asal pemudik, terbanyak setelah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jabodetabek, dan Jawa Barat. 

Sedangkan untuk daerah tujuan perjalanan terbanyak, Sumut berada di peringkat 6 setelah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek dan DI Yogyakarta.

Agustinus Panjaitan mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi atau mobil untuk memastikan kelayakan kendaraannya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini