|

SMAKN Samosir Gelar Pembinaan Peningkatan Karakter Siswa

Peserta Pembinaan Peningkatan Karakter dan Kewarganegaraan Siswa SMAKN Samosir berfoto bersama dengan Kepala SMAKN Bonar Sinaga dan narasumber Pegiat Budaya dan Media Dongan P Sitanggang. (foto: ist)


INILAHMEDAN - Samosir: Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri (SMAKN) Samosir menggelar kegiatan Pembinaan Peningkatan Karakter dan Kewarganegaraan Siswa kepada seluruh siswa kelas XII di Hotel Grand Dainang, Pangururan, Senin-Selasa 27-28 Maret 2023.

Kepala SMAKN Samosir, Bonar Sinaga, pada saat penutupan mengatakan kegiatan menghadirkan 3 narasumber yakni dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Samosir, Polres Samosir dan tokoh budaya dan media.

Dijelaskan Bonar Sinaga, adapun materi dari Kejari Samosir yang dibawakan Kasi Intel Richar Simaremare adalah menanamkan pendidikan antikorupsi sejak dini kepada siswa sejalan dengan program pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Narasumber dari Polres Samosir, menyampaikan materi pembinaan karakter dan kewarganegaraan siswa dengan pencegahan penyalahgunaan narkoba dan tertib berlalulintas.

Sementara dari Pegiat Budaya dan Media memberitakan materi tentang penggunaan media sosial dalam perspektif budaya sebagai peningkatan karakter siswa.

Dari kaca mata budaya Batak, ada aturan yang sangat kental yakni Dalihan Natolu, yaitu Somba Marhulahula, Manat Mardongan Tubuh, dan Elek Marboru, yang memiliki arti 3 dasar dalam kehidupan sosial dan budaya yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalihan Natolu adalah bentuk perumpamaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari baik dalam bentuk sosial maupun budaya dan adat masyarakat Batak.(imc/bsk) 


Komentar

Berita Terkini