|

Sembilan Produk UMKM Medan Diminati Negara Lain

Wali Kota Medan Bobby Nasution melepas 9 produk unggulan UMKM Medan. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Sembilan produk UMKM binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan diminati negara lain. 

Sembilan produk UMKM tersebut sebelumnya diekspor ke sejumlah negara di antaranya Jepang, Australia, India, Belanda, Arab Saudi, Amerika, Zimbabwe dan Jerman.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Iskandar Nasution mengatakan, pelepasan ekspor dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution beberapa waktu. 

Adapun sejumlah produk yang diekspor tersebut di antaranya Kulit Pinus dengan jumlah 5 ton tujuan Jepang, Sekam 2 ton tujuan Jepang, lalu produk Daun Kelor s

ebanyak 500 kg tujuan Australia.

"Selanjutnya produk Sapu Lidi sebanyak 20 ton tujuan India, Sambal Gerilya sebanyak 300 kg tujuan Belanda dan produk Bunga Telang sebanyak 700 kg tujuan Arab," kata Benny Iskandar Nasution, Jumat (24/03/2023). 

Selain itu, kata dia, ada juga produk Aren Sugar dan Aren Cair sebanyak 500 kg tujuan Belanda, kopi sebanyak 19 ton tujuan Amerika, dan terakhir produk Kain Ulos sebanyak 1000 pcs tujuan Zimbabwe dan Jerman.

"Jadi untuk bulan ini produk-produk ini yang kita ekspor ke berbagai negara," kata Benny Iskandar. 

Sementara itu salah satu pelaku UMKM Richard yang ikut mengekspor produknya berupa sambal gerilya mengaku Pemko Medan hari ini sangat membantu para pelaku UMKM agar dapat go ekspor. 

"Pemko Medan sangat membantu kami pelaku UMKM untuk go ekspor mulai dari pengirimannya sampai dengan legalitasnya semua dibantu dengan baik," kata Richard.

Dia berharap program ini dapat terus dijalankan sehingga seluruh pelaku UMKM yang ada di Kota Medan mendapat kesempatan untuk go ekspor.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini