|

Polri Siapkan Pengaturan Arus Mudik Dan Balik 2023 Guna Laksanakan Ops Ketupat

Keterangan persiapan pengamanan arus mudik lebaran 2023. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Jakarta : Polri mulai mempersiapkan pengaturan arus lalu lintas dan pengamanan jelang Hari Raya Idul Fitri 2023. 

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan Operasi Ketupat 2023 akan dilaksanakan.

" Dan yang berikut kami sampaikan terkait dengan persiapan-persiapan lalu lintas untuk kegiatan pengamanan menjelang lebaran, operasi ketupat 2023 dalam waktu dekat akan dilaksanakan," katanya pada wartawan, kemarin. 

Namun, dia belum menjelaskan secara rinci kapan Operasi Ketupat 2023 itu dilaksanakan. Dia berharap arus mudik dan balik akan berjalan lancar dengan pelaksanaan operasi ketupat tersebut.

" Operasi ini merupakan operasi kemanusiaan di masyarakat yang akan mudik dan balik dapat menggunakan ruas jalan dengan aman, selamat, tertib, lancar, tentunya sehat," imbuhnya. 

Dia mengatakan pihaknya telah melakukan survei ke sejumlah titik menjelang pelaksanaan operasi ketupat. Diantaranya survey ruas jalan Pantai Utara Jakarta hingga Semarang dan ruas jalan tol dari Jakarta ke Surabaya.

" Korlantas Polri beserta stakeholder terkait telah melaksanakan survei ke beberapa ruas jalan, baik ruas jalan Pantai Selatan, Banten sampai dengan DIY, ruas jalan Pantai Utara Jakarta sampai dengan Semarang, ruas jalan tol dari Jakarta sampai dengan Surabaya, serta ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan," jelasnya. 

Ramadhan juga mengatakan Polri telah melakukan rapat dengan stakeholders terkait. Rapat itu terkait surat keputusan bersama (SKB) Hari Raya Idul Fitri 2023.

" Korlantas telah melaksanakan rapat teknis yang bersifat kordinatif, hal ini terus dilakukan dengan stakeholder terkait mempersiapkan SKB, surat keputusan bersama tentang pengaturan pembatasan kendaraan yang melalui jalan tol dan arteri. Manajemen rekayasa lalu lintas baik di jalan tol maupun non tol. Hasil dari kordinasi ini terus akan menjadi bahan untuk kegiatan operasi ketupat dan nanti akan kami sampaikan," pungkasnya.  (imc/joy)


Komentar

Berita Terkini