|

Pemprov Sumut: Ganti Rugi di Lahan Sport Center Sudah Sesuai Ketentuan

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menegaskan bahwa pembayaran pembayaran ganti rugi tanaman dan bangunan di lahan pembangunan Sport Center Desa Sena Kabupaten Deliserdang dilakukan sudah sesuai ketentuan. (foto: dok) 

INILAHMEDAN - Medan: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menegaskan bahwa pembayaran pembayaran ganti rugi tanaman dan bangunan di lahan pembangunan Sport Center Desa Sena Kabupaten Deliserdang dilakukan sudah sesuai ketentuan. 

Bagi masyarakat yang tidak berkenan terhadap hasil penilaian yang telah dilakukan diminta menahan diri karena ganti rugi tersebut telah diberikan (dititipkan) melalui Pengadilan Negeri Lubukpakam. 

"Sebelumnya Tim Apraisal menghitung nilai harga tanaman dan bangunan yang masih berdiri di atas lahan Sport Center Sumut dan dalam waktu dekat akan dilakukan pembangunan venue dan fasilitas olahraga di lokasi tersebut," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Ilyas Sitorus, Sabtu (04/03/2023).

Menurut Ilyas, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Sumut Mahfullah P Daulay bersama Tim Terpadu juga telah melakukan upaya penertiban di atas lahan Sport Center, Selasa (21/02/2023) lalu. Para petugas juga mengimbau kepada para penggarap agar bersikap kooperatif dan tidak memancing provokasi.

Sebelumnya Kadispora Sumut Baharuddin Siagian juga pernah menjelaskan bahwa dari upaya pembebasan lahan di Desa Sena itu, Pemerintah Provinsi Sumut telah mengantongi daftar nominatif penerima ganti rugi tanaman dan bangunan. Dari daftar nominatif itu, sebagian besar telah mengambil uang ganti rugi tanaman dan bangunan mereka (penggarap) ke Pengadilan Negeri Lubukpakam (konsinyasi) meski masih ada juga yang belum mengambil. 

Menurut Ilyas, di atas lahan tersebut akan dibangun venue olahraga untuk dijadikan kawasan Sport Center Sumut. 

"Di sana dibangun berbagai fasilitas cabang olahraga dan sarana penunjang lainnya yang terbuka untuk umum," katanya. 

Saat ini, kata Ilyas, sudah dalam proses penunjukkan (tender) pelaksana pembangunan Sport Center. "Dalam waktu dekat sudah kita mulai membangun sarana di sana. Karenanya kita meminta para penggarap untuk kooperatif. Karena apa yang kita lakukan bukan untuk kepentingan perorangan atau golongan, melainkan untuk Sumatera Utara," sebut Ilyas.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini