|

Panglima TNI Kembali Berangkatkan 950 Prajurit Ke Papua

Panglima TNI Laksamana Yudo saat upacara pelepasan pasukan pengamanan. (foto : dok) 

INILAHMEDAN - Palembang : Panglima TNI Laksamana Yudo Margono didampingi Pangdam II/SWJ Mayjen Hilman Dadi dan Kasdam I/BB Brigjen Rifky Nawawi memimpin upacara pemberangkatan 950 prajurit Yonif yang terdiri dari 400 prajurit Yonif 133/YS dan 450 prajurit Yonif Raider 200/BN. 

Pasukan tersebut diberangkatkan ke Papua dengan menggunakan KRI BAC 593 guna melaksanakan Satgas Pamtas RI-PNG kewilayahan Provinsi Papua dan Papua Barat selama 12 bulan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan menerima paparan Dansatgas Yonif Dansatgas Yonif 133/YS dan Dansatgas Yonif Raider 200/BN di Gedung Sultan Mahmud Badarruddin II Mako Lanal Palembang, kemudian dilanjutkan dengan upacara Riksiapops dan pemberangkatan di Dermaga Boom Baru, Palembang pada Jum’at (24/03/2023). 

Panglima menyerahkan bendera perang kepada masing-masing Dansatgas Yonif 133/YS dan Yonif Raider 200/BN, kemudian dilanjutkan dengan memberi amanat.

Dalam amanatnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, tugas yang akan dilaksanakan adalah misi pengamanan perbatasan dimana misi kewilayahan atau pembinaan teritorial melekat di dalamnya. Tugas tersebut bukanlah tugas yang mudah, tetapi bukan berarti tidak dapat diselesaikan.

Pemberangkatan pasukan keamanan di Papua. (foto : dok) 

" Sebagai patriot NKRI yang Profesional, modern dan tangguh, saya yakin kalian sudah mempersiapkan diri dan berlatih dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan tugas ini," sebutnya. 

Selain itu, Panglima juga memberi penekanan antara lain, 1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan. 2. Pahami tidak ada wilayah yang aman 100%.  3. Jangan ada pelanggaran sekecil apapun selama penugasan. 4. Para perwira agar meyakinkan seluruh personil memahami (cuaca musuh, medan). 

5. Unsur pimpinan harus mengetahui tugas pokok. 6. Bangun jiwa korsa dan kebersamaan diantara prajurit. 7. Jalin komunikasi yang baik dengan aparat pemerintah dan keamanan setempat serta jaga kedekatan dengan masyarakat.  (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini