|

Ada Nissa Sabyan dan Opick di Ramadhan Fair XVII, Dikonsep Lebih Tertib dan Rapi

Pemko Medan kembali menggelar Ramadhan Fair. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan kembali menggelar Ramadhan Fair. Setelah absen beberapa tahun karena pandemi Covid-19, konsep Ramadhan Fair kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dikonsep lebih rapi dan tertib dengan mengusung tema The Kitchen Of Asia, tercatat 246 stand kuliner dan 60 stand kriya disediakan di dua tempat pelaksanaan Ramadhan Fair yakni di samping Masjid Raya Al -Mashun dan di Lapangan Rengas Pulau Marelan.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi persiapan Ramadhan Fair XVII tahun 1444 H dipimpin Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan di Kantor Wali Kota, Jumat (24/03/2023). 


Turut hadir dalam rapat ini Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Laksmana Putra Siregar, Perwakilan Forkopimda dan Perwakilan Perangkat Daerah serta camat.

"Sesuai arahan Wali Kota Medan, pelaksanaan Ramadhan Fair XVII  akan dimajukan yang semula dimulai dari tanggal 28 Maret sampai 16 April, maka akan dimulai dari tanggal 26 Maret sampai 14 April. 

"Ramadhan Fair tetap berlangsung selama 20 hari. Pelaksanaannya aja yang dimajukan. Mengingat waktu pembukaan tinggal 2 hari lagi, maka diminta setiap Perangkat Daerah yang terkait dalam pelaksanaan Ramadhan Fair XVII agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan uraian  tugas yang telah disampaikan," kata Sofyan. 

Dijelaskannya, nantinya panitia akan meniadakan waiters atau pramusaji guna menghindari perebutan pembeli antar stand kuliner di Ramadhan Fair. 

"Jika stand kuliner melanggar harus mendapatkan sanksi. Selain itu pakaian setiap pengunjung juga harus dapat disesuaikan dengan perhelatan yang bernuansa islami, panitia dapat menyediakan selendang dan kain sarung jika ada pengunjung yang pakaiannya tidak sesuai," sebut Sofyan.

Sofyan menambahkan pembukaan Ramadhan Fair XVII berlangsung di lokasi Masjid Raya Al-Mashun atau Taman Sri Deli, Medan Kota. Pembukaan direncanakan akan dilakukan pada malam hari usai pelaksanaan ibadah salat tarawih.

Sebelumnya Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Laksmana Putra Siregar menjelaskan pada Ramadhan Fair XVII disediakan 246 stand kuliner dan 90 stand UMKM dan Kriya. Jumlah stand  ini dibagi menjadi 134 stand kuliner dan 60 stand UMKM/kriya di samping Masjid Raya Al-Mashun dan 122 stand kuliner dan 30 stand UMKM/Kriya di lapangan Rengas Pulau Marelan. Seluruh stand ini disediakan gratis dan tidak diperjualbelikan.

Sementara itu pihak penyelenggara menjelaskan bahwa guna mengantisipasi adanya jual beli stand, pihaknya telah menyediakan website dan scan barcode bagi pelaku UMKM dan kuliner yang ingin mendaftar dan ikut meramaikan pelaksanaan Ramadhan Fair XVII. Selain itu dalam Ramadhan Fair tahun ini juga akan diisi dengan berbagai perlombaan dan penampilan artis dari ibu kota seperti Nissa Sabyan dan Opick.(imc/bsk)) 

Komentar

Berita Terkini