|

Kecamatan Parbuluan Dairi Kawasan Pertanian Terpadu Di Sumut

Bupati Dairi Eddy (kanan) meninjau lahan pertanian. (foto : nt) 
INILAHMEDAN - Dairi : Kabupaten Dairi, Sumatera Utara yang terletak didataran tinggi bukit barisan dijadikan kawasan Pertanian Terpadu (KPT) oleh Bupati Eddy Keleng Ate Berutu dengan menggali potensi lahan tidur guna meningkatkan kesejahteraan Petani di daerah. 

Kecamatan Parbuluan saat ini menjadi kawasan pertanian terpadu (KPT) tepatnya di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi yang terus melakukan pendampingan kepada para petani petugas PPL yang menjadi ujung tombak.

" Setelah penanaman hingga panen nantinya, petugas PPL untuk terus menjaga. Juga kami minta untuk selalu membuat laporan perkembangan tanaman dan penyakitnya," kata Robot Simanullang Kadis Pertanian Dairi saat mendampingi Bupati Eddy Keleng Ate Berutu menjadi KPT di Desa Parbuluan V pada Jumat (18/11/2022).  

Dukungan yang diberikan pemerintah terhadap para petani, seperti bibit, pupuk dan mulsa dari pemerintah.

Diharapkan kedepan setelah panen, petani akan memakai modal sendiri melalui pinjaman KUR dari perbankan yang bunganya kecil. 

Sebelumnya Bupati Eddy menyampaikan bahwa kehadiran dirinya bersama para OPD untuk melihat persiapan KPT yang akan dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi hari ini, Senin (21/11/2022).

Disebutkan persiapan yang dilakukan, karena sekarang ini musim penghujan. Sehingga persiapan lahan pertanian dan infrastruktur sedikit terhambat dibuatnya.

" Seyogyanya pencanangannya dilakukan Selasa besok (22/11/2022), tetapi Gubsu minta dimajukan harinya.Permintaan Gubsu lahan pertanian yang dicanangkan seluas 22 hektar harus sudah ready (siap) seluruhnya," imbuhnya. (imc/nt)


Komentar

Berita Terkini