|

Gubsu Buka Porpamnas VII Tahun 2022

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi resmi membuka Pekan Olahraga Perusahaan Air Minum Nasional (Porpamnas) VII Tahun 2022 di Gedung Serga Guna  Universitas Negeri Medan, Selasa (22/11/2022).(imc/bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi resmi membuka Pekan Olahraga Perusahaan Air Minum Nasional (Porpamnas) VII Tahun 2022 di Gedung Serga Guna  Universitas Negeri Medan, Selasa (22/11/2022).

Gubsu yang hadir bersama Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis dalam sambutannya mengatakan event olahraga termasuk Porpamnas memiliki multi manfaat atau setidaknya ada tiga hal yang ingin dicapai yakni sebagai ajang rekreasi, bisnis dan prestasi.

“Berdasarkan Perpres bahwa olahraga yang pertama menjadi sarana rekreasi atau kegembiraan. Kedua menjadi bisnis. Kenapa? Karena mampu mendorong UMKM bergerak hidup. Begitu juga perhotelan dan angkutan transportasi baik darat maupun udara," ujar Gubsu.

Ketiga, lanjut Gubsu, meningkatkan prestasi atlet. "Mudah-mudahan dalam kegiatan Porpamnas ini tiga hal yang termaktub dalam Perpes tentang DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) itu bisa tercapai," harap Gubsu.

Terkait Sumut sebagai tuan rumah Porpamnas, Gubsu berharap Sumut menjadi tuan rumah yang baik. 

"Saya tidak tuntut kalian (atlet Sumut) juara, tapi saya minta kalian selalu menang," ucap Gubsu disambut applause Kontingen Sumut.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Pusat, Lalu Ahmad Zaini, mengatakan tujuan utama digelarnya Porpamnas adalah untuk menjalin silaturahim dan koordinasi antar PD Perusahaan Air Minum se-Indonesia.

"Selain kompetisi olahraga, Porpamnas ini sekaligus menjadi sarana sharing informaai dan pengalaman dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Event ini digelar setiap dua tahun sekali. Sempat vakum di tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut Lalu Ahmad Zaini mengatakan, selama ini dominasi Jawa Barat belum bisa terpatahkan sebagai juara umum Porpamnas. “Namun tahun ini kita belum tahu, apakah dominasi Jawa Barat bisa dipatahkan oleh tuan rumah Sumut,” katanya.

Ketua Panitia Porpamnas VII, Fauzan Nasution yang juga Direktur Air Limbah Perum Tirtanadi Sumut mengatakan Porpamnas berlangsung 22 hingga 25 November 2022 dengan dihadiri ribuan orang terdiri atas atlet dan ofisial tim dari 22 PD Perusahaan Air Minum se-Indonesia. 

"Dari 34 Pengurus Daerah Perusahaan Air Minum se-Indonesia, 22 PD ikut serta pada even ini. Total atlet yang mengikuti event ini kurang lebih 600 orang untuk bertanding dalam tujuh cabang olahraga,” jelas Fauzan. 

Ketujuh cabor yang dipertandingkan adalah tenis meja dan catur di Gor Unimed, futsal (Gor Mini Disporasu dan Gor Bakaran Batu Krakatau), bola voli (Gor Jl. Flamboyan Komplek IKIP), renang (Kolam Renang Unimed), tenis lapangan (Lapangan Unimed dan Kebun Bunga), bulutangkis (Gor PBSI Sumut), dan lomba karaoke di Hotel Grand Mercure.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini