|

Wartawan Unit DPRD Medan Study Komperatif ke DPRD Sibolga dan Tapteng

Sejumlah wartawan Unit DPRD Kota Medan melakukan kunjungan silaturrahmi sekaligus study komperatif ke DPRD Kota Sibolga dan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Senin (31/10/2022). (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Sibolga: Sejumlah wartawan Unit DPRD Kota Medan melakukan kunjungan silaturrahmi sekaligus study komperatif ke DPRD Kota Sibolga dan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Senin (31/10/2022). 

Dalam kunjungan selama dua hari itu, para wartawan yang dipimpin Ketua Koordinator Wartawan Unit DPRD Medan Muhammad Said Ilham Assegaf diterima Plt Sekretaris DPRD Kota Sibolga Budi Mulia Darma. Di DPRD Tapteng diterima Kasubbag Protokol Alex Rifai Silalahi. 

"Kegiatan study komperatif kami ini dalam rangka menambah wawasan terkait publikasi wartawan di unit DPRD Kota Sibolga dan Tapteng," kata Said Ilham saat diterima kedua pejabat di DPRD Sibolga dan Tapteng.

Di DPRD Kota Medan, kata Said, jumlah wartawan yang bertugas sebanyak 100 lebih dan diakomodir melalui Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang - Undangan Sekretariat DPRD Kota Medan.

"Jadi kami ingin mengetahui bagaimana Sekretariat DPRD  menangani itu rekan-rekan wartawan yang berpos di sini," ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD Kota Sibolga Budi Mulia Darma menyambut baik kehadiran para wartawan. Menurutnya, berbeda dengan pengelolaan media di DPRD Kota Medan, pihaknya justeru lebih banyak berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga yang membawahi 11 media.

"Setiap kegiatan di DPRD Sibolga kami koordinasi dengan Kominfo (Sibolga) untuk pemberitaannya, baik ada paripurna atau rapat," paparnya.

Namun, di luar itu, sebutnya, DPRD Sibolga memanfaatkan media sosial (medsos) seperti IG (Instagram).

"IG kami sangat aktif," katanya.

Dalam pertemuan itu, Budi Mulia Darma mengaku mendapat masukan penting  berkenaan pengelolaan media selama ini di DPRD Kota Medan.

"Kita sangat berterima kasih atas beberapa informasi kegiatan melibatkan media atau wartawan di sana. Mudah-mudahan ke depan kami bisa mengelolanya secara mandiri," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris DPRD Sibolga juga didampingi Sabrian Anungrah Tanjung selaku Kasubbag Umum dan Protokol, Junita Situmorang Pj Kabag Keuangan dan Kepegawaian, Ajeng Triana Saputri Kabag Persidangan dan Perundang-undangan.

Sambutan yang sama disampaikan, Kabag Umum DPRD Tapteng, Mario Pakpahan yang menyampaikan selamat datang para wartawan unit DPRD Kota Medan."Selamat datang ke DPRD Tapteng," katanya singkat.

Sementara, Kasubag Protokol, Alex Rifai Silalahi, menegaskan kondisi pengelolaan media atau wartawan di DPRD Tapteng tidak jauh berbeda terhadap DPRD Kota Sibolga.

"Kami juga kerja sama dengan Kominfo, kalau ada acara situasional Kominfo tugaskan wartawan mereka ke sini," tambahnya.

Kalau di DPRD Kota Medan ada keterlibatan wartawan, kalau di Tapteng peliputan atau dokumentasi cukup dilakukan Humas DPRD Tapteng.

"Mana tau Kominfo minta hasil peliputan dan dokumentasi kita kirim," tegasnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini