|

Setelah 2 Tahun Terhenti Akibat Covid-19, Pesta Njuah-njuah Kini Kembali Dilaksanakan

Iring-iringan pawai pesta Njuah-njuah. (foto : nt) 
2 INILAHMEDAN - Dairi : Sekira ratusan kontingen karnaval pawai dalam memeriahkan pesta budaya Njuah-njuah Kabupaten Dairi 2022.  

Pawai itu dilepas oleh Sekretaris Darah (Sekda) Dairi Budianta Pinem dari depan Kantor Bupati Dairi Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang menuju lokasi Gedung Nasional Djauli Manik pada Kamis (13/10/2022). 

Sebelumnya, Budianta Pinem mengatakan perayaan pesta budaya Njuah-njuah yang dilaksanakan setiap tahun. 

Namun, acara pesta budaya njuah njuah terhenti selama 2 tahun akibat adanya bencana pandemi covid-19. " Baru sekarang ini pesta budaya Njuah-njuah dapat kita laksanakan kembali," kata  Budianta.

Pawai karnaval yang mencapai rstusan kontingen berbagai etnis dan sekolah serta masyarakat dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi sangat meriah. 

Selain menampilkan budaya dari masing-masing etnis, pawai karnaval juga menampilkan mobil hias berbentuk rumah adat Pakpak. Untuk pawai karnaval dari kecamatan, mereka membawa berbagai luah hasil bumi, seperti sayuran dan buah-buahan sebagai rasa syukur atas hasil panen yang baik dan melimpah.

Pawai tersebut, mendapat antusias dari masyarakat yang menyaksikan disepanjang jalan yang dilalui para kontingen pawai.

Usai pawai karnaval, kegiatan dilanjutkan dengan acara pembukaan pesta budaya Njuah-njuah di Gedung Nasional Djauli Manik. (imc/nt/am)


Komentar

Berita Terkini