|

Pemkab Dairi Dan Pakpak Barat Giat Rakor Pengawasan Orang Asing 

Rakor pengawasan orang asing. (foto : nt) 
INILAHMEDAN - Dairi : Pemkab Dairi dan Pakpak Bharat melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) bersama di Aula Hotel Mutiara, Jalan Parluasan, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara pada Kamis (27/10/2022).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dairi Budianta Pinem mewakili Bupati secara resmi membuka kegiatan (Rakor)Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora). Rakor yang mengambil tema 'Membangun Sinergitas Dalam Pengawasan Orang Asing'. 

Turut juga Sekda Pakpak Bharat Jalan Berutu, Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sumut Ignatius Purwanto, kepala Kantor imigrasi Pematang Siantar, Mulyadi serta unsur Forkopimda kedua kabupaten, Camat serta undangan lainnya.

Sekda Budianta Pinem Salam mengatakan bahwa pemerintah daerah menyadari keberadaan orang asing terutama tenaga kerja di Indonesia perlu dilakukan tak terkecuali dengan Kabupaten Dairi. 

" Tugas pemantauan ini pun menjadi tugas dan fungsi setiap daerah untuk memastikan keamanan daerahnya sendiri," katanya. 

Menurutnya, keberadaan tenaga asing disatu sisi memiliki manfaat bagi masyarakat untuk perkembangan perekonomian nasional.

" Namun, perlu dipantau agar keberadaanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara ini," sebut Pinem. 

Dengan Rakor itu  Budianta berharap akan tercipta sinergitas terutama dalam Timpora yang sudah terbentuk dan memanfaatkannya sebagai kesempatan baik untuk saling mengenal dalam bertugas melakukan pemantauan orang asing di kedua daerah.

Sementara Ignatius Purwanto sebelumnya menyampaikan bahwa dalam Timpora poin paling penting adalah bertukar informasi terkait kondisi orang asing di daerah masing-masing.

" Barangkali di daerah masing-masing ada orang asing, perlu berbagi informasi dengan daerah disekitar. Bila menemukan orang asing yang mencurigakan, apalagi setelah diidentifikasi keberadaannya di daerah tidak berguna, maka sebaiknya dilaporkan ke kantor imigrasi, agar segera ditindaklanjuti," ujarnya.

Kerjasama seluruh pihak dalam berbagi informasi terkait keberadaan orang asing di daerah masing-masing, kata Ignatius, merupakan hal penting yang perlu didiskusikan dalam rakor.

" Upaya kita mengawasi orang asing di daerah kita, merupakan upaya dalam menjaga negara kita secara optimal  keseluruhan," pungkasnya. (imc/nt)




Komentar

Berita Terkini