|

Korem 022/PT Gelar Rapat Penyusunan Renbut Tahunan Satker

Rapat Renbut tahunan Satker Korem 022/PT. (foto : dok)
INILAHMEDAN - Simalungun : Bidang rencana program dan anggaran dilingkungan TNI AD (Angkatan Darat), Korem 022/Pantai Timur menggelar rapat penyusunan Rencana Kebutuhan (Renbut) Tahunan Satker Korem 022/PT Tahun Anggaran 2024. 

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas bagi personil penyelenggara fungsi perencanaan dan anggaran di Satuan Kerja jajaran Korem 022/Pantai Timur. 

Rapat itu diikuti oleh seluruh Satuan dijajaran Korem 022/PT. Kegiatan berlangsung di Aula Pantai Timur Korem 022/PT Jalan Asahan Km. 3,5 Nagori Estate, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Senin (19/09/2022).

Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Luqman Arief melalui Kepala Seksi Rencana Korem 022/Pantai Timur Letkol AR Dalimunthe, rencana kerja dan anggaran merupakan salah satu bagian sirklus manajemen dari organisasi TNI-AD. 

Yang bertujuan untuk menyusun rencana Program Pembangunan Satuan pada tahun anggaran berikutnya dan menjadi masukan dalam menyusun rencana kebutuhan anggaran TNI-AD kedepan.

Diharapkan kegiatan dapat menghasilkan usulan rencana kerja dan anggaran yang akurat, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan menghindari adanya pengajuan susulan, meminamilisir perubahan sasaran dan revisi anggaran. 

Serta dapat mewujudkan konsistensi dan kontinuitas implementasi perencanaan yang akuntabel, transparan, sehingga terjadi sinkronisasi antara rencana kebutuhan anggaran Korem 022/PT dengan rencana kebutuhan anggaran Kodam I/BB.

" Agar berjalan lancar dan mencapai hasil yang maksimal, saya menekankan beberapa hal untuk diperhatikan sebagai berikut, pertama perhatikan pelaksanaan kegiatan secara seksama, sehingga penjelasan dari masing-masing narasumber dapat diterima dan dimengerti serta dilaksanakan dengan benar," sebutnya. 

Selanjutnya, kedua, rencanakan dan petakan macam kegiatan, jumlah serta besarnya kebutuhan anggaran secara terinci dengan dilengkapi data-data pendukung.

Ketiga, proses, mekanisme dan tertib administrasi dalam rangka merealisasikan kegiatan program, harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.  

" Agar temuan-temuan dari wasrik internal maupun eksternal terhadap pelaksanaan program dapat diminimalisir," ucapnya. 

Keempat, manfaatkan kegiatan penyusunan rencana kebutuhan anggaran Korem 022/PT TA 2024 dengan sebaik-baiknya. 

Agar diperoleh pemahaman tentang proses dan langkah perencanaan serta dapat diwujudkan program dan anggaran secara akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. 

" Sehingga kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya dapat dihindari," tukasnya. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para Kasi Rem 022/PT, para perwira staf dan para Batih Staf Korem 022/PT.  (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini