|

Gubernur Edy Resmikan Delapan SMK Pusat Keunggulan

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan delapan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan Zona I Sumut di halaman SMK Negeri 3 Sibolga Jalan Tukka Sibuluan Raya, Kota Sibolga, Rabu (28/09/2022). (foto: bsk)


INILAHMEDAN - Sibolga: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan delapan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan Zona I di Sumut. Yakni SMK Sibolga, Pematangsiantar, Indrapura, Marancar, Lumut, Panyabungan, Perdagangan dan Sinunukan. Diharapkan SMK Pusat Keunggulan ini nantinya dapat melahirkan siswa berprestasi dan dapat bersaing di dunia industri.

"Kemajuan suatu bangsa ke depan ditentukan oleh kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) dan bukan melimpahnya SDA (Sumber Daya Alam). Karena itu, saya minta guru-guru dan para pemangku kepentingan lainnya untuk memprioritaskan dunia pendidikan ini. Dengan fasilitas yang dapat melahirkan siswa berprestasi," ucap Edy Rahmayadi saat meresmikan delapan SMK Pusat Keunggulan di halaman SMKN 3 Sibolga, Jalan Tukka Sibuluan Raya, Kota Sibolga, Rabu (28/09/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, Direktur SMK Ditjen Pendidikan Wardani Sugiyanto, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Ali Murtopo Simbolon, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Baharuddin Siagian, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Forkopimda, para guru serta ribuan siswa SMK dan wali murid.

Dalam arahannya, Edy juga mengingatkan para Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah untuk tidak mengikutkan anak didik ke dalam politik. Karena tugas mereka hanyalah belajar untuk kemajuan bangsa ini ke depan. Potensi wilayah yang luas dan juga SDM yang banyak, merupakan bonus demografi untuk Sumut yang harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, agar potensi ini dapat diraih.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution mengatakan dengan diresmikannya delapan SMK Pusat Keunggulan ini, maka Sumut kini memiliki 65 SMK Pusat Keunggulan, yang diharapkan siswa dari SMK ini akan memenuhi kebutuhan SDM dalam dunia industri.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini