|

Tanggulangi Dan Cegah Karhutla, Kapolres Gelar Apel Pasukan

Kapolres AKBP Danu. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Langkat : Kepolisian Resort (Polres) Langkat menggelar apel pasukan guna penanggulangan bencana kebakaran hutan dan Lahan di Wilayah Kabupaten Langkat bertempat di Lapangan Jananuraga Mapolres pada Jumat (12/08/2022). 

Kapolres AKBP Danu Pamungkas Totok selaku pembina upacara yang menyampaikan amanat tertulis Gubernur Edy Rahmayadi, apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatera Utara di 2022 itu diselenggarakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota. 

Apel yang dilaksanakan merupakan satu tahapan penting untuk mengingatkan kita akan perlunya upaya untuk memelihara kelestarian hutan dan lahan di Indonesia.

Kapolres mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan menjadi suatu trigger untuk memastikan kesiap siagaan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari Pemerintah Daerah, TNI-Polri. 

Dan seluruh instansi terkait lainnya serta organisasi pecinta lingkungan, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana untuk mencegah dan menanggulangi bencana/kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Dalam mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan, terdapat tiga langkah penanggulangan yakni, pencegahan dengan memberikan sosialisasi imbauan kepada masyarakat dalam membangun kesadaran untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Kecepatan penanganan saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Pada penanganan Karhutla, para pimpinan wilayah agar melakukan penanggulangan secara cepat serta melaporkan kepada pimpinan tingkat provinsi, sehingga dapat memberikan dukungan personil maupun sarana prasarana pendukung.

" Mari kita sadari bersama bahwa tugas mulia ini menjadi tanggung jawab kita bersama," imbuhnya. (imc/joy) 


 


Komentar

Berita Terkini