|

HUT Ke-77 RI dan 100 Tahun Chairil Anwar, PWI Sumut Gelar Parade Baca Puisi dan Lomba Karya Tulis

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik pada rapat panitia, Senin (08/08/2022) di Sekretariat PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan.(foto: imc) 


INILAHMEDAN - Medan: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara akan menggelar lomba baca puisi dan karya tulis dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), sekaligus dirangkai hari lahir ke 100 tahun Chairil Anwar yang merupakan sastrawan dan pahlawan nasional.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kebesaran  karya-karya sastra Chairil Anwar semasa hidupnya," kata Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik pada rapat panitia, Senin (08/08/2022) di Sekretariat PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan.

Menurut dia, momentum HUT ke-77 kemerdekaan RI yang dirangkai dengan hari lahir ke 100 tahun Chairil Anwar dinilai penting diperingati oleh kalangan insan pers, karena karya-karya sastra telah banyak memperkaya khasanah tulisan para jurnalis.

Diakuinya, karya-karya sastra, seperti puisi-puisi yang diciptakan Chairil Anwar sesungguhnya patut dijadikan inspirasi jurnalis di era sekarang agar produk jurnalistik yang dihasilkan bisa lebih berkualitas dan bermakna.

Sebagaimana diketahui, kata Farianda, jurnalisme sastra bertujuan untuk menarik perhatian para pembaca agar semakin terlarut dalam berita yang dibaca. Karya sastra mampu menampilkan sudut pandang yang berbeda, menyentuh emosi pembacanya serta mampu menangkap gambaran suatu peristiwa atau kejadian secara lebih mendetail.

"Sayangnya karya-karya sastra  yang banyak dihasilkan para sastrawan di masa lalu , kini terkesan kurang mendapat perhatian dari kalangan insan pers untuk diadopsi ke dalam produk berita," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Idris Pasaribu didampingi Sekretaris Husor Parissan Sitompul menjelaskan untuk lomba karya tulis dikhususkan bagi insan pers dengan mengambil tema, 77 tahun Indonesia Merdeka apa yang telah dicapai. 

"Peserta bebas menentukan judul maupun sudut pandang (angel) dari tulisan, baik dari sudut pandang ekonomi, politik maupun sosial budaya," kata Idris.

Tulisan bisa dikirim dengan menyertakan bukti cetak (untuk media cetak) serta print out untuk media online ke Sekretariat Panitia di Gedung PWI Sumut Parada Harahap Jalan Adi Negoro no 4 Medan. Selanjutnya link karya tulis maupun bukti cetak yang telah dimuat di masing-masing media bisa dikirim ke email PWI Sumut, pwi.sumut@gmail.com paling lambat tanggal 20 Agustus 2022. 

Sementara untuk lomba baca puisi, terbuka untuk umum dan peserta diwajibkan membacakan puisi karya Chairil Anwar berjudul "Huesca". 

Selanjutnya peserta diharuskan memilih satu dari dua puisi yang disajikan panitia yakni Senja di Pelabuhan Kecil, dan Kerawang Bekasi. Lomba baca puisi digelar pada 27 Agustus,  bertempat di Kantor PWI Sumut.

"Jadi setiap peserta wajib membaca dua buah puisi," kata Idris.

Idris yang juga dikenal sebagai seorang seniman senior di Sumut ini menyatakan kegiatan parade seni dan sastra ini digelar dengan turut melibatkan sejumlah tokoh publik lainnya.

"Khusus kepada para tokoh yang datang pada malam pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah, 27 Agustus 2022 akan didaulat membaca puisi karyanya sendiri," ucapnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini