|

Tim Identifikasi LIPPSU Temukan Ratusan Juta Jalan Rusak di Sumut

Direktur Eksekutif LIPPSU Azhari Sinik. (foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Tim Indentifikasi Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara ( LIPPSU) mengidentifikasi kondisi infrastruktur jalan di Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari jalan nasional, provinsi dan kabupaten kota.  

"Hasil identifikasi yang dilakukan tim LIPPSU dalam pertengahan tahun 2022, tim menemukan ratusan juta jalan berlubang, jalan mirip kubangan kerbau, dan jalan kriting," Direktur Eksekutif LIPPSU Azhari Sinik di Medan, Selasa (26/07/2022). 


Sebelumnya, kata Ari Sinik panggilan akrab Azhari Sinik, LIPPSU beberapa waktu silam berdasarkan hasil identifikasi menjuluki Medan, sebagai ibukota Provinsi Sumut, sebagai 'Medan Kota Sejuta Lubang'. Dan kemudian saat ini Kota Medan terus membenahi infrastruktur jalan guna menepis imej tersebut. 

Mengenai kondisi infrastruktur jalan di Sumut, kata Ari Sinik, ratusan juta jalan berlubang ditemukan pada jalur lintas badan jalan, baik jalan nasional, provinsi maupun kabupaten kota. 


"Sementara ruas jalan keriting banyak ditemukan pada jalur jalan nasional dan provinsi," katanya. 

Untuk infrastruktur badan jalan yang mirip kubangan kerbau, jelas Ari Sinik, banyak ditemukan pada badan jalan kabupaten kota dan sedikit pada jalan provinsi maupun nasional. 


Terkait buruknya infrastruktur jalan di Sumut, kata Ari Sinik, perlu adanya koordinasi pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten kota untuk bersinergi mengatasinya demi meningkatkan kenyamanan masyarakat dalan meningkatkan perekonomian yang ditopang dengan infrastrukur jalan yang baik. 

"Masyarakat perlu merasakan dampak pembangunan agar memliki semangat dan turut serta memberikan sumbangsihnya dalam membayar pajak dan retribusi daerah," katanya.

Ari Sinik juga meminta kepada para pemangku kekuasaan dan jabatan jangan hanya mengedepankan ego sentris kekuasaan dan jabatannya. 

"Sebab itu semua adalah amanah yang diberikan rakyat," katanya. (imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini