|

Polri 'Siap' Terbuka Bagi Kritikan Masyarakat

Kapolri Jenderal Listyo. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Jakarta : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya berkomitmen untuk terus membuka ruang kritik bagi masyarakat guna perbaikan institusi Polri. 

Demikian disampaikannya ketika berhadir di Hoegeng Awards 2022 di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan.

" Disitulah kami tentunya mencoba untuk memperbaiki diri, membuka ruang untuk terus dikritik. Sehingga demikian, kita tahu posisi kita, dimana dan apa yang harus kita perbaiki,” kata Kapolri pada Jumat (01/07/2022).

Menurutnya, kritik, saran, ataupun masukan dari masyarakat dijadikan sebagai suatu energi untuk terus melakukan perbaikan. Dia pun mengibaratkan kritik tersebut seperti obat berupa pil pahit yang harus ditelan.

" Pil itu pahit, tapi harus kita makan sehingga kemudian kita bisa menjadi sehat untuk membuat organisasi atau institusi ini menjadi baik, jadi dipercaya. Kemudian masyarakat bisa menerima dan puas dengan pelayanan yang diberikan kepolisian," ucapnya. 

Terkait Hoegeng Awards, mantan Kabareskrim itu mengakui, sosok mantan Kapolri Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso harus dijadikan teladan maupun panutan oleh seluruh polisi di Indonesia.

" Pak Hoegeng sebagai contoh teladan. Saya, kita semua setuju, memang Pak Hoegeng bagi kami adalah salah satu teladan. Salah satu aset Polri yang kita miliki sampai saat ini. Yang tentunya beliau sangat melegenda sebagai panutan, sebagai teladan dimasanya," ujar mantan Kapolda Banten itu. 

Sigit menyinggung candaan mantan Presiden Gus Dur soal tiga polisi yang baik dan jujur, yaitu patung polisi, polisi tidur dan Hoegeng. Hal itu harus dijadikan semangat bagi institusi Polri untuk terus berusaha seperti apa yang diharapkan masyarakat.

" Menjadi pegangan bagi kita semua, menjadi arah bagi kita semua untuk institusi yang baik seperti yang diharapkan masyarakat, itu bisa terwujud,” tuturnya. 

Di Hoegeng Awards 2022 ada tiga sosok polisi teladan, yakni, Polisi Berdedikasi Aipda Rohimah, Kanit Binmas Polsek Muara Gembong. 

Polisi Inovatif Brigjen Eko Rudi Sudarto, Wakapolda Papua. Polisi Berintegritas Irjen Akhmad Wiyagus, Kapolda Gorontalo. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini