|

Kapolsek Sidikalang Kota Bersama Forkopimca Cek Kesehatan Hewan Qurban

Pengecekan hewan qurban. (foto : nt)
INILAHMEDAN - Dairi : Menyambut Idul Adha 1443 H Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman melalui Kapolsek Sidikalang Kota AKP Sukanto Berutu bersama Forkopimca Kecamatan Sidikalang melakukan pengecekan terhadap hewan qurban di Masjid Besar Jamik Bintang Marsada, Sabtu (09/07/2022). 

Pendataan dan pengecekan hewan qurban yang dipersiapkan untuk menyambut hari raya Idul Adha berupaya mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang merebak pada hewan seperti sapi.

Dampak penyakit PMK yang bisa membuat kematian bagi hewan ternak sapi juga antisipasi penyebaran ke hewan lain.  

Dari hasil pengecekan dan peninjauan hewan qurban di Masjid Desa Bintang Mersada ada sebanyak 4 ekor dan Kambing 27 ekor yang akan disembelih dalam keadaan sehat dan bisa diqurban. 

Petugas Babinkamtibmas meninjau dan mengecek hewan qurban di masjid. (foto : nt)
" Apabila hewan qurban sampai akan berkordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan dinas terkait untuk dilakukan pemeriksaan. Sehingga hewan qurban yang akan disembelih betul- betul sehat. Juga mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK)," ucap Sukanto Kapolsek Sidikalang Kota. 

Ia juga mengimbau setelah hewan kurban tiba di lokasi masjid, sebelum dipotong akan dilakukan pengecekan surat sehat yang diterbitkan instansi terkait. Kepada panitia qurban agar selalu bekerjasama dengan 3 pilar plus dan dinas terkait untuk pengecekan dan menghindari penularan PMK demi kesehatan bersama.

Tampak hadir dalam melaksanakan kegiatan tersebut Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Kanit Binmas Aiptu Ronny Tumanggor, Kanit Samapta Aipda Buha Silitonga, Kades Bintang Mersada Uswatun Bintang dan Ketua BKM Bintang Mersada Kurniadi Bintang.  (imc/am/nt)


Komentar

Berita Terkini