|

Jokowi: Proyek Infrastruktur Jalan di Nias Utara Rampung Tahun Depan

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Kepulauan Nias, Rabu (06/07/2022).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Nias Utara: Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau perbaikan jalan di Kecamatan Alasa, Nias Utara, Rabu (06/07/2022). 

Salah satu agenda kunjungan kerja Presiden meninjau infrastruktur yang ada di Kepulauan Nias, terutama jalan dan jembatan.

Salah satu infrastruktur jalan yang ditinjau adalah peningkatan struktur ruas jalan Laehuwa-Ombolata-Tumula-Faekhuna’a sepanjang 16 km dengan anggaran Rp32,36 miliar. Hanya saja, 65% (sekitar 171 Km) dari total panjang jalan di Kepulauan Nias (263,140 Km) dalam kategori rusak. 

Presiden Jokowi menargetkan proyek peningkatan struktur Jalan Laehuwa-Ombolata-Tumula-Faekhuna’a rampung tahun depan. Sedangkan untuk poros jalan provinsi dan kabupaten/kota, Jokowi minta gubernur dan bupati/wali kota segera menanganinya.

“Kemudian yang jalan provinsi mestinya segera ditangani oleh Pak Gubernur. Terus kabupaten, yang tadi saya tanya ke Pak Bupati, karena memang kemampuan APBD-nya tidak memungkinkan. Ya nanti akan diurus Kementerian PU,” kata Jokowi.

Gubernur Edy dan Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Binaka pukul 08:00 WIB dan langsung bergerak ke Nias Utara melalui jalan darat. Terlihat juga dalam rombongan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Usai meninjau pembangunan jalan, rombongan Presiden dan Gubernur Sumut berkunjung ke pasar Alasa untuk memantau harga bahan pangan. Selain memantau harga, Jokowi dan Edy juga membagikan bantuan sosial kepada para pedagang dan masyarakat sekitar. Selanjutnya Presiden dan rombongan akan bergerak ke Nias Barat menggunakan helikopter.(imc/bsk) 




Komentar

Berita Terkini