|

409 Siswa Baru Matauli Pandan Dikukuhkan

Para stakehoder yang berhadir pada pengukuhan siswa Matauli Pandan. (foto : js) 
INILAHMEDAN - Pandan : Sebanyak 409 siswa baru SMAN-1 Matauli Pandan dikukuhkan pada Sabtu (23/07/2022). 

Acara pengukuhan oleh Dandim 0211/TT Letkol Mengatas Pandapotan Sibuea. Dalam pengukuhan siswa X angkatan ke XXX dihadiri langsung oleh ketua pembina Yayasan Akbar Tandjung beserta istri Kristina Akbar Tandjung. 

Akbar Tandjung menyampaikan bahwa tujuan didirikannya SMAN-1 Matauli Pandan untuk melahirkan tokoh-tokoh nasional bahkan pahlawan nasional. 

" Saya bersyukur dan berterima kasih pada hari ini alumni pertama dari sekolah kita ini yaitu Bapak Ali Murtopo Simbolon, orang terkenal di era orde baru bisa hadir menyaksikan pengukuhan ini kiranya kehadiran beliau menambah semangat prestasi anak-anak kami untuk mengukir prestasi," katanya. 

Akbar Tandjung juga menyampaikan bahwa saat ini yayasan Matauli sudah diestapetkan kepada putri tertuanya Fitri Krisnwati Tanjung sebagai ketua yayasan. 

Dia menyakini sebagai ketua yayasan dengan pengalaman putrinya mengecap pendidikan di Amerika Serikat akan mampu melahirkan genarasi emas diera 40 dari Matauli serta bersaing di universitas top dunia. 

" Alhamdulillah alumni dari sekolah kita diterima kuliah university of British Columbia (UBC) Kanada di Universitas Taiwan dan universitas top dunia lainnya lewat bea siswa Indonesia maju jalur afirmasi taman sains kementerian pendidikan dan kebudayaan reset dan teknologi," ujarnya. 

Hal itu, menurutnya sebagai bukti sekolah kita ini mampu bersaing ditingkat universitas hebat dunia. Akbar mengucapkan terimakasih kepada guru-guru Matauli yang sudah mendidik anak-anak sehingga bisa berhasil.

Terimakasih pula kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah serta stakeholder yang telah memberikan dukungan dan keberadaan SMAN-1 Matauli Pandan. 

Sementara ketua yayasan SMAN-1 Matauli Pandan Fitri Krisnawati Tanjung menambahkan harapan yang disampaikan orangtuanya untuk melahirkan generasi emas dari Matauli dan para stakeholder. 

Kadis Provinsi Sumatera Utara disampaikan sekretaris Dinas Pendidikan Murdianto menekankan bahwa kemampuan dari metode mendidik siswa sangat berdampak untuk melahirkan lulusan yang mampu bersaing dierasekarang. Prestasi itu harus diraih dan diperebutkan tentu dibutuhkan kemampuan untuk meraihnya. 

" Dan kami berharap SMAN-1 Matauli Pandan harus sanggup berkontribusi mewujudkan Sumatera Utara bermatabat," sebutnya. 

Kepala sekolah SMAN-1 Matauli Pandan Deden Rachamawan melaporkan bahwa jumlah calon siswa yang terdaftar 2.500 setelah mengikuti verifikasi yang berhak tinggal 1.355 siswa sedangkan yang berhak mengikuti tes akademik dan wawancara 1.153 dan peserta yang dinyatakan lulus mendaftar ulang 409 siswa. 

Turut hadir dalam kegiatan antara lain, Pj Bupati Tapanuli TengahYetty Sembiring, Kapolres AKBP Jimmy Christiani Samma, Kejari Sibolga Irvan Paham PD Samosir. Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara diwakili oleh Murdianto, Denpom1/2 Letkol Hendi Kurniadi, Dansatradar 234 Sibolga Letkol Doddy Setiawan. Mewakili Danlanal Sibolga dan mewakili Dandrem 023/KS serta kantor imigrasi Sibolga. 

Acara pengukuhan SMAN-1 Matauli Pandan angkatan XXIX pertama kali dilaksanakan kembali setelah pandemi covid-19 selama dua tahun karena pandemi melanda dunia tersebut. (imc/js)  


Komentar

Berita Terkini