|

Dekranasda Sumut Gelar Pelatihan Pembuatan Souvenir di Pantai Barat

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis membuka pelatihan pembuatan souvenir di Sentra Industri Kecil Tenun Manik Manik dan Keramik di Kantor Dekranasda Tapsel, Tapanuli Selatan, Selasa (14/06/2022).(foto: fahmi) 


INILAHMEDAN - Tapsel: Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) menyelenggarakan pelatihan pembuatan souvenir untuk zona pantai barat. Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis mengharapkan pelatihan tersebut dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Hal tersebut disampaikan Nawal Lubis saat membuka pelatihan pembuatan souvenir tersebut di Sentra Industri Kecil Tenun Manik-manik dan Keramik, Sipirok, Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (14/02022).

"Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan semangat baru bagi UMKM ataupun IKM yang selama ini menyokong pertumbuhan ekonomi kita," ucap Nawal.

Menurut Nawal, pelatihan pembuatan souvenir sangat penting, mengingat Sumut memiliki warisan budaya yang berasal dari 33 kabupaten kota.

"Biasanya kan orang-orang datang ke Sumut itu pasti nyari souvenir, itu biasanya bentuknya tidak terlalu besar, agar gampang dibawa, inilah yang kami khususkan," kata Nawal.

Nawal juga berpesan, kemampuan digital juga harus dimiliki para pengrajin ataupun UMKM. Sebab di masa sekarang, teknologi digital sangat memberikan kemudahan khususnya dalam pemasaran. Bahkan pengrajin bisa memasarkan produknya hingga ke mancanegara tanpa banyak mengeluarkan biaya.

"Sekarang lebih gampang menjual lewat digital, pasti ibu-ibu bisa menjualnya dengan baik, untuk itu ibu-ibu gak boleh gaptek, harus pintar memanfaatkan teknologi digital," ajak Nawal.

Pada kesempatan tersebut hadir Ketua Dekranasda Tapsel Rosalina dan Wakil Ketua Dekranasda Padangsidimpuan Linda Lovinasati. Nawal meminta kepada Dekranasda kabupaten dan kota untuk memantau para peserta pelatihan yang berasal dari tujuh kabupaten dan kota di kawasan pantai barat. Menurutnya harus ada kesinambungan dari pelatihan tersebut.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini