|

REI Sumut Siap Terima Tantangan Bangun Rumah Apung di Belawan, Bobby Janjikan Ini

Wali Kota Medan Nobby Nasution menjadi narasumber Dialog Interaktif di Rakerda DPD REI Sumut di Hotel Santika Dyandra, Senin (30/05/2022).(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan tantangan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Sumut untuk membangun rumah apung di Belawan. Pembangunan rumah apung itu untuk mengatasi banjir rob khususnya di kawasan Medan Utara. 

"Kami beri tantangan kepada REI Sumut untuk membantu Pemko Medan menyelesaikan pembangunan di Belawan.  Saat ini kami tengah mengusung pembangunan rumah apung di kawasan yang sering dilanda banjir rob. Jika tantangan ini dapat dijalankan, maka Pemko Medan akan memberikan bantuan perizinan bahkan insentif," kata Bobby Nasution ketika menjadi narasumber Dialog Interaktif di Rakerda DPD REI Sumut di Hotel Santika Dyandra, Senin (30/05/2022).

Menurut Bobby, pembangunan rumah apung bukan karena Pemko Medan tidak mau menyelesaikan permasalahan banjir rob di kawasan tersebut. Sebab banjir rob terjadi akibat siklus alam. 

Berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kata Bobby, jika membangun tanggul untuk mengatasi banjir rob, maka itu akan mencapai 60 meter, itu pun baru pondasinya saja. 

“Jadi itu sangat tidak efisien," paparnya.

Tahun ini, kata Bobby, ada dua titik yang akan dilakukan Pemko Medan dalam penanggulangan banjir rob di kawasan Belawan. Untuk itu Bobby mengajak REI Sumut bersama-sama untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan rencana pembangunan rumah apung tersebut. Dengan demikian masyarakat di sana akan mendapatkan tempat tinggal maupun lingkungan yang layak dan sehat.

"Dalam waktu dekat ini kalau bisa bersama REI Sumut kita langsung action," katanya. 

Bobby juga mengajak REI Sumut untuk bersama-sama membangun Kota Medan, khususnya industri perumahan dengan memiliki lingkungan yang baik, asri dan sehat. Dalam membangun perumahan, ujarnya, REI tidak hanya membangun fisik bangunan perumahan saja tetapi juga harus membangun lingkungan yang asri dan sehat.

Sementara itu Ketua DPD REI Sumut Andi Atmoko Panggabean mengungkapkan pihaknya sangat siap melaksanakan tantangan yang diberikan Wali Kota Bobby. Menurutnya, gagasan ini sangat luar biasa karena dinilai memberikan solusi atas permasalahan banjir rob yang terjadi di Kawasan Medan Utara, terutama di Belawan

"Rumah apung yang diprogramkan Pak Bobby tentunya ini akan menjadi solusi atasi banjir rob. Ini tantangan terbesar bagi kami dan kami akan siap membantu Pemko Medan. Mudah-mudahan segera terealisasi,” kata Andi Atmoko.

Terkait Rakerda DPD REI Sumut, Andi Atmoko, adalah implementasi dari permasalahan yang dihadapi dunia properti pasca pandemi Covid-19. Di mana dua tahun ini industri properti sempat terhenti. 

"Kami berharap melalui rakerda ini, para stakeholder dan mitra REI Sumut, termasuk pemerintah dapat berkolaborasi untuk memberikan dukungan kepada kami dalam pembangunan yang akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat," harapnya.(imc/bsk) 




Komentar

Berita Terkini