|

Plt Sekda Tebingtinggi Apresiasi PA Gelar Sidang Isbat Nikah 9 Pasangan

Plt Sekda Kota Tebingtinggi Bambang Sudaryono memberikan apresiasi kepada Pengadilan Agama (PA) Tebingtinggi yang menggelar sidang Isbat Nikah kepada sembilan pasang warga di gedung MPP Balai Kartini, Selasa (31/05/2022). (foto: tuah) 


INILAHMEDAN - Tebingtinggi: Plt Sekda Kota Tebingtinggi Bambang Sudaryono memberikan apresiasi kepada Pengadilan Agama (PA) Tebingtinggi yang menggelar sidang Isbat Nikah kepada sembilan pasang warga di gedung MPP Balai Kartini, Selasa (31/05/2022). 

Dengan adanya sidang Isbat Nikah ini, kata Bambang, masyarakat yang ingin menikah merasa terbantu untuk melengkapi administrasi kependudukannya khususnya tentang suatu pernikahan. 

"Dengan mengikuti sidang Isbat Nikah ini, sesuatu perkawinan telah sah dan dicatatkan di negara dengan dikeluarkanya buku nikah oleh Kementerian Agama melalui KUA atas dasar sidang ini," ucap  Bambang Sudaryono.

Bersamaan dengan Sidang Isbat Nikah tersebut, Pemko Tebingtinggi melalui Disdukcapil juga mengeluarkan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran kepada kesembilan pasangan yang mengikuti Sidang Isbat Nikah tersebut. Dokumen itu nantinya akan dibutuhkan untuk berbagai urusan, termasuk di antaranya urusan dalam penerimaan bantuan sosial dari pemerintah.

Bambang juga mengingatkan pasangan peserta didang Isbat Nikah agar tidak datang kembali ke PA dengan persoalan baru karena kasus perceraian.

"Kami berharap dengan sudah menerima berbagai dokumen ini, rumah tangganya semakin mesra, harmonis dan sejahtera. Setelah menerima buku nikah ini jangan kembali lagi datang ke PA dengan persoalan baru karena kasus perceraian," ujar Bambang. 

Sebelumnya, Ketua PA Tebingtinggi Devi Oktari mengatakan sidang Isbat Nikah ini untuk yang kedua kalinya dilaksanakan. Kali ini diikuti sembilan pasang yang telah memenuhi ketentuan persyaratan. 

"Kegiatan ini dilakukan tanpa memungut biaya apapun. Semua dokumen diberikan secara gratis atas bantuan Bank BSI melalui dana CSR dan juga diberikan kado kepada peserta berupa minyak goreng," katanya. 

Hadir juga di sana Kakanmenag Kota Tebingtinggi Muhammad David Saragih, Kadisdukcapil M Fachri dan kepala Bank BSI dan kadis DPMPTSP.(imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini