|

Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-UMM Smart Center Gelar Wisuda Tahfidz Akbar

Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-UMM Smart Center Yayasan Halimatussa'diyah Amaliyah Indonesia menggelar Wisuda Tahfidz Akbar tingkat TK, SD, SMP, LTQ, MDTA angkatan IV dan pelepasan kelas IX SMP IT, Sabtu (28/05) di Jalan Beringin Pasar V Gg Mentimun 16 No 8 Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Deliserdang: Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-UMM Smart Center Yayasan Halimatussa'diyah Amaliyah Indonesia menggelar Wisuda Tahfidz Akbar tingkat TK, SD, SMP, LTQ, MDTA angkatan IV dan pelepasan kelas IX SMP IT, Sabtu (28/05) di Jalan Beringin Pasar V Gg Mentimun 16 No 8 Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang. 

Kegiatan yang bertemakan membentuk generasi insan yang kreatif dan berakhlak mulia itu berlangsung lancar dan juga haru karena ada sejumlah santri penghafal Al-Quran 30 juz yang juga turut diwisuda dan diberikan penghargaan berikut dengan orangtuanya. 

Suasana semakin haru saat para hafiz dan hafizah menyematkan mahkota kepada orangtua mereka dan mereka bersimpuh sebagai tanda penghormatan kepada orangtua yang mana pada prosesi itu tidak sedikit para undangan meneteskan air mata bahagia dan bangga atas apa yang diraih para penghafal Al-Qur'an. 

"Kita kembali melakukan Wisuda Akbar Tahfidzul Qur'an di Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-UMM  Smart Centre ini. Sekaligus juga dilaksanakan pelepasan siswa kelas IX sebanyak 63 anak peserta didik," Jelas  Muhammad Alwi Batubara selaku Ketua Yayasan  Halimatussa'diah Amaliyah Indonesia yang turut dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan  Halimatussa'diah Amaliyah Indonesia, Zahirman.

Sebut Muhammad Alwi, jumlah santri yang diwisuda sebanyak  355 anak didik. Dari jumlah itu, sebanyak 349 anak sudah menguasai hafalan Al-Quran mulai 1 juz sampai 26 juz. Bahkan ada 6 orang santri penghalal Al-Quran dari kelas IX yang turut diwisuda.

"Alhamdulilah kita sudah ada penghafal Al-Qur'an 30 juz. Sehingga kita tadi memberikan  penghargaan kepada hafiz dan hafizah berikut orang tuanya," katanya. 

Harapannya terhadap para anak didik yang diwisuda yakni menginginkan mereka semakin baik dari yang sudah baik akhlaknya. Sesuai keinginan masyarakat agar para anak didik tersebut tidak lupa hafalan Al-Qur'annya pihaknya akan membuka Madrasah Aliyah untuk terus mendidik anak yang tamat kelas IX tersebut. 

Kepala SD dan SMP Tahfidzul Qur'an Al-UMM Smart Center Maramuda menjelaskan sebagai bentuk rasa syukur dan bangga pihak sekolah memberikan apresiasi kepada siswa penghafal Al-Al-Qur'an 30 juz  dengan memberikan uang sekolah gratis selama 3 bulan bagi yang melanjutkan ke madrasah aliyah di yayasan itu.

Sementara untuk memperoleh anak-anak penghafal Al-Qur'an itu, Koordinator tahfizd, Sabda Perwira menyebutkan pihak sekolah menjalankan beberapa metode.

"Metode yang kita terapkan jika dia berusia SD atau TK, kita  menggunakan metode talqin. Di mana siswa yang belum mahir membaca namun kita tetap hafalkan tapi tetap kita talqinkan. Dengan menghafal mereka akan mudah memperbaiki tahsin atau bacaannya. Sedangkan untuk tingkat SMP yaitu metode mengulang hafalan atau takrir yang kemudian disetorkan kepada gurunya setiap hari," ujarnya.

Hadir di sana Pengawas SMP perwakilan Dinas Pendidikan Deliserdang Zainul Bakri yang mengaku takjub dengan gelaran wisuda akbar itu. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yayasan karena ini satu satunya sekolah  yang termasuk terbesar. Selain siswanya dididik menjadi hafiz dan hafizah juga tidak ketinggalan dalam membidangi pendidikan umum. Semoga proses pembelajaran seperti ini  dapat dicontoh sekolah lain baik di Deliserdang maupun di Sumatera Utara," katanya. (imc/rel) 


Komentar

Berita Terkini