|

Wagub Ijeck Paparkan Manfaat Donor Darah

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri acara Talkshow bersama Tribun, di Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Kamis (07/04/2022). (foto: bsk)


INILAHMEDAN - Medan: Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan manfaat donor darah baik bagi para pendonor hingga penerimanya dalam acara Talkshow di Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Kamis (07/04/2022).

"Banyak manfaat yang didapat dari donor darah, pertama dari kesehatan orang yang mendonor, tubuhnya akan lebih segar karena darah yang dikeluarkan akan digantikan  dengan yang baru. Banyak lagi manfaat lain donor darah untuk kesehatan," ujar Ijeck, sapaan Musa Rajekshah yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kota Medan.

Selain tubuh yang akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar, Ijeck juga menyampaikan secara agama bahwa tolong-menolong antarsesama akan mendapat kebaikan di dunia dan akhirat.
 
Sementara itu, PMI Medan, kata Ijeck, memiliki stok darah yang mencukupi. "Hari ini stok darah kita ada 1.233 kantong, dan stok kita setiap hari di atas 1.000. Kebutuhan Medan dalam sebulan itu rata-rata mencapai 6.000 kantong per bulan. Bahkan kita sering membantu memenuhi kebutuhan stok darah ke kabupaten lain," ujar Ijeck.

Dalam kesempatan itu, Kepala UDD PMI Harry Butar-butar juga menyampaikan pihaknya terus berkomunikasi kepada berbagai kelompok masyarakat untuk memenuhi kebutuhan darah.

"Kerja sama dengan yayasan-yayasan, TNI-Polri juga rutin melakukan donor darah, serta perusahaan juga instansi swasta kita hubungi untuk mendonorkan darah," katanya.

Stok darah lanjutnya tidak bisa disimpan dalam waktu lama karena masa kedaluwarsanya hanya 35 hari sehingga untuk rhesus negatif, pihaknya telah memiliki contact list pendonor dengan sistem on call.

"Kita ada database untuk contact person pendonor rhesus negatif, dan sejauh ini mereka juga sangat bermurah hati, jam berapapun dibutuhkan mereka mau datang," katanya, dalam diskusi tersebut.(imc/bsk)

 

Komentar

Berita Terkini