|

Rajuddin: Disdik Medan Diminta Tempatkan Guru Honor Lulus Passing Grade

Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala. (foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala meminta Dinas Pendidikan Medan segera mendata sekolah-sekolah dasar negeri yang kekurangan guru pengajar, baik guru kelas, guru agama dan guru bidang studi. 

Menurut Rajuddin, banyak guru honor yang diketahui telah mengikuti ujian Passing Grade (PG) namun sampai saat ini tidak mendapatkan penempatan mengajar di sekolah di Medan. 

Hal ini dikatakan politisi PKS Kota Medan saat menerima kehadiran 3 orang guru honor dari sekolah dasar negeri di Kota Medan, Senin (11/04/2022).

"Kita kemarin sudah mengumpulkan semua guru honor di ruangan Banmus  untuk mendengarkan keluhan mereka. Ke depan kita akan usulkan agar insentif guru honor dinaikkan setara Upah Minimum Kota. Dananya diambil dari dana APBD Pemko Medan. Kita juga sudah meminta Dinas Pendidikan untuk mendata sekolah-sekolah negeri yang kekurangan guru agar para guru PG dapat masuk dan bertugas di sekolah yang masih membutuhkan," ujarnya.

Rajuddin mengatakan program pemerintah dengan penerimaan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sangat baik. namun setelah perekrutan, di lapangan ditemukan ada banyak tenaga honor yang lulus ujian PG dan PPPK namun belum mendapatkan penempatan mengajar di sekolah. 

"Jadi para guru honor merasa kurang diperhatikan Dinas Pendidikan," katanya. 

PPPK, kata Rajuddin, menurut ketentuan Undang Undang Nomor 5 tahun 2014, PPPK guru termasuk dalam kategori aparatur sipil negara (ASN). Seperti PNS, PPPK guru maupun non-guru mendapatkan gaji dari negara.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini