|

Bupati Taput Usul Bangun SMAN di Pangaribuan, Baskami Ginting: Akan Kita Perjuangkan

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menemui Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting di gedung dewan, Rabu (27/04/2022). (foto: bsk) 


INILAHMEDAN -'Medan: Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menemui Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting di gedung dewan, Rabu (27/04/2022). 

Kedatangan Bupati bersama Kadis Pendidikan Taput Bottor A Hutasoit, Ketua Bappeda Parluhutan Aritonang yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Perencanaan SDM Hotman Aritonang menyampaikan aspirasi masyarakat terkait usulan Pendirian Unit Sekolah Baru SMA Negeri di Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara.

Nikson mengatakan Kecamatan Pangaribuan salah satu kecamatan terbesar dan terpadat penduduknya di Tapanuli Utara. Namun di kecamatan inj hanya memiliki satu SMAN yang mengcover semua siswa tamatan SMP di Kecamatan Pangaribuan.  

"Tentunya itu tidak cukup. Akibatnya banyak anak-anak dari Kecamatan Pangaribuan tidak dapat melanjut ke jenjang SMA. Jika pun ada terpaksa harus  ke luar daerah. Tentunya itu kan harus mengeluarkan biaya tinggi. Ketika itu diperhadapkan kepada kita, selaku Bupati Taput, wajar kita menerima aspirasi itu. Dan dan tadi itu sudah kita sampaikan kepada Sekda melalui Kadis Pendidikan Sumut dan juga sudah ke Gubernur," sebutnya.

"Sekarang ini kami menemui ketua DPRD Sumut yang juga sebagai orangtua kami sesuai arahan partai kami," kata Nikson sembari mengatakan persyaratannya sudah lengkap termasuk lahan dan kajiannya.

Nikson Nababan menjelaskan, pendirian Unit Sekolah Baru (USB) tersebut telah memenuhi persyaratan. Di antaranya memiliki lahan seluas 2,5 hektar. Lahan itu merupakan hibah dari masyarakat Desa Rahut Bosi dan Desa Rahut Bosi Onan, Kecamatan Pangaribuan.

Menurut Nikson, ketika anggaran untuk pembangunan gedung unit sekolah baru itu nantinya sudah diketok maka tidak ada masalah lagi di lapangan. 

Nikson mengakui secara pribadi sangat berharap gedung SMA baru segera terwujud dan bisa dipergunakan tahun ajaran mendatang. "Ini sangat penting mengingat  program wajib belajar 9 tahun ini merupakan amanat undang-undang,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting menyatakan kepedulian terhadap pentingnya dunia pendidikan itu sehingga sangat mendorong pemerintah provinsi untuk membantu sekolah-sekolah yang ada di desa di kabupaten/kota.

"Usulan  pembangunan Unit Sekolah Baru dari kabupaten Tapanuli Utara tersebut akan kita perjuangkan sehingga dapat direalisasikan tahun depan.  Diharapkan keberadaan gedung sekolah baru akan mampu menampung siswa tamatan SMP meneruskan jenjang pendidikannya ketingkat SMA," terang Baskami Ginting yang juga Politisi asal PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara ini.(imc/rel) 

Komentar

Berita Terkini