|

Atasi Banjir Rob, Pemko Medan Bangun Tembok Laut di Belawan

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau banjir rob di Belawan.(foto: bsk) 


INILAHMEDAN -  Medan: Pemko Medan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera II tahun ini akan melaksanakan pembangunan prasarana pengedalian banjir rob Belawan.

Banjir rob Belawan, kata Wali Kota Medan Bobby Nasution, merupakan salah satu permasalahan yang mendapat perhatian Pemko Medan. Untuk melindungi kawasan pesisir sekaligus mencegah banjir rob, Pemko Medan akan membangun tembok laut (seawall).

"Kita bangun tembok laut di Belawan," kata Bobby kemarin. 

Dia mengatakan, saat ini Pemko Medan terus berkoordinasi dengan Pemprov Sumut dan Kementerian PUPR untuk menyelaraskan program tersebut.

"Butuh waktu menyelaraskan program agar berjalan baik. Jadi kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat. Insya Allah tahun ini akan kita bangun tembok laut mengatasi banjir rob," kata Bobby. 

Tembok laut atau seawall ini merupakan salah satu bentuk perlindungan kawasan pesisir yang terdampak langsung dengan laut atau proses pantai lainnya. Tembok laut ini akan melindungi area permukiman penduduk, konservasi, dan rekreasi dari pasang, ombak, maupun tsunami.

Tembok laut ini juga berguna untuk mengurangi limpasan dan genangan areal pantai yang berada di belakangnya. Keberadaan tembok laut ini sebagai perkuatan pada bagian profil pantai.  

Data yang diperoleh dari BWSS II, Kementerian PUPR telah membuat konsep desain penanggulangan rob Belawan. Konsep itu menunjukkan penanggulangan prioritas penanganan banjir akibat rob ada pada kawasan, bukan bangunan di atas air. 

Selain itu, juga didesain penataan air kawasan saat hujan lokal dengan menata sistem drainase utama sebagai saluran pembuang dengan dilengkapi pintu-pintu klep.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini