|

Sosialisasi Perda, Antonius Imbau Masyarakat Manfaatkan Kartu BPJS Dengan Efektif

Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor saat menggelar sosialisasi Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Taman Sari Indah, Jalan Kapten Muslim, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Minggu (20/03/2022).(foto::bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Antonius Devolius Tumanggor mengimbau masyarakat Kota Medan yang sudah memiliki kartu BPJS untuk memanfaatkannya secara aktif. 

Hal itu disampaikan Antonius saat menggelar sosialisasi Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Taman Sari Indah, Jalan Kapten Muslim, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Minggu (20/03/2022).

"Saat di awal mengurus BPJS gratis semangatnya ada, tapi begitu sudah memiliki kartu BPJS, kartunya juga harus dimanfaatkan secara rutin agar tetap aktif," kata anggota dewan dari Dapil I yang meliputi Kecamatan Medan Barat, Medan Baru, Medan Helvetia dan Medan Petisah.

Dewan yang dikenal dengan slogan 'Saya Ada Untuk Anda' ini menyebutkan bahwa peserta BPJS gratis yang tidak memanfaatkan pelayanan kesehatan selama 6 bulan berturut-turut, kartunya akan dinonaktifkan. 

"Kalau tidak pernah dipakai, peserta BPJS tersebut secara otomatis dianggap mampu dan tidak membutuhkan BPJS gratis," ungkapnya.

Kata dia, Perda Sistem Kesehatan Kota Medan ini dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan tatanan kesehatan Kota Medan yang melibatkan semua unsur.

Kemudian, bertujuan untuk mewujudkan pembangunan kota berwawasan kesehatan, mewujudkan kemandirian daerah terkait kesehatan, meningkatkan pelayanan kesehatan, serta meningkatkan akses warga dalam rangka memperoleh pelayanan kesehatan.

"Tahun 2022 ini, Pemko Medan telah menganggarkan 100 ribu jiwa peserta BPJS gratis untuk ditampung dalam APBD," paparnya lagi.

Pada kegiatan ini, Antonius menyerahkan sebanyak 288 kartu BPJS gratis khusus untuk warga Kecamatan Medan Helvetia, yang datanya telah diproses sejak bulan November tahun lalu.

"Sejak tahun 2021 lalu, kita juga telah menyerahkan ratusan kartu BPJS gratis kepada warga yang membutuhkan," ujarnya.

Antonius pun mengajak warga yang ingin mengurus BPJS gratis bisa melalui Sopo Restorasi, rumah aspirasi politik yang dibangun Antonius Tumanggor selama ini.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini