|

Ketua PWI Sumut Jalin Kerjasama Kompetensi Wartawan Dengan FJPI

Ketua PWI Sumut Farianda bersama Pengurus FJPI. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Medan : Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) H Farianda Putra Sinik menyambut baik dan mendukung kepengurusan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut yang dipimpin Nurni Sulaiman.

Farianda mengatakan ke depan PWI Sumut dan FJPI Sumut akan bersinergi serta berkolaborasi dalam peningkatan kompetensi wartawan.

" Kita support rekan-rekan jurnalis perempuan yang tergabung di FJPI. Ke depan kita juga bisa bersinergi dalam berbagai program peningkatan kompetensi jurnalis perempuan. Saya senang dengan kehadiran kawan-kawan FJPI di Kantor PWI, karena ini (Gedung PWI Sumut) adalah rumah besar kita bersama,” tutur Farianda saat menerima kunjungan silaturahmi pengurus FJPI Sumut pada Rabu (23/03/22). 

Dalam kegiatan itu, ketua PWI juga didampingi Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan, Wakil Ketua Bidang Siber/Multimedia, Austin Antariksa Tumengkol dan Ketua Seksi Pemerintahan, Politik dan Hamkam, Mery Ismail.

Sedangkan bersama Ketua FJPI Sumut Nurni Sulaiman hadir pula Sekretaris Siti Amelia dan Ketua Divisi Humas Hafnida Dalimunthe.

Dalam pertemuan dua organisasi pers tersebut, Farianda memberikan lampu hijau kepada anggota PWI untuk aktif di dalam wadah yang spesifik untuk jurnalis perempuan. 

" Kami sangat ketat soal itu (aturan bahwa anggota PWI menjadi anggota organisasi pers lainnya yang berbadan hukum atau konstituen Dewan Pers). Namun sampai saat ini, belum ada edaran dari pusat terkait hal itu. Jadi, saat ini kami belum memberlakukan pelarangan tersebut,” tutur Farianda.

Ia juga menyatakan PWI membuka peluang untuk bekerjasama dengan FJPI dalam berbagai kegiatan yang akan diadakan, terutama berkaitan dengan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, dimana Provinsi Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah.

Terkait dengan peningkatan kapasitas jurnalis perempuan khususnya anggota FJPI, Farianda menyambut baik keikutsertaan anggota FJPI mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI

" Nanti bulan Mei, kita akan mengadakan dua kali UKW. Yang pertama ada kuota 18 peserta, tapi yang kedua lebih banyak sekitar 60 peserta. Nanti anggota FJPI akan kami berikan kuota untuk uji kompetensi,” ujar Farianda.

Rifki Warisan, pengurus yang menangani bidang UKW PWI Sumut mengatakan bahwa sebelumnya PWI sudah memberikan kuota kepada FJPI, namun masih terbatas.

" Kami mengapresiasi keberadaan FJPI Sumut. Sebelumnya FJPI sudah kami libatkan dalam UKW. Ke depan, sesuai arahan ketua, semoga kuotanya bisa lebih banyak,” katanya.

FJPI saat ini secara nasional beranggotakan lebih dari 500 jurnalis dan 50 anggota di Sumut. Serta sudah ada di 14 provinsi di Indonesia dari pulau paling barat yakni Aceh, hingga Papua dan Papua Barat sudah ada anggotanya.

Organisasi yang fokus pada pemberdayaan dan peningkatan kapasitas jurnalis perempuan itu, dipimpin oleh Uni Lubis, Pemred Idn Times yang merupakan mantan anggota Dewan Pers.

" Kami ada bukan sebagai pesaing, tapi ingin bersinergi untuk memajukan pers Sumatera Utara. Serta, dengan kerendahan hati, kami ingin bersinergi dalam peningkatan kapasitas jurnalis khususnya jurnalis perempuan,” kata Nurni.

Dojang Taekwondo

Ketua PWI Sumut juga menyambut baik adanya wacana pembentukan Dojang (cabang) Taekwondo PWI Sumut. Dimana, nantinya Ketua FJPI Sumut Nurni Sulaiman bisa menjadi pelatih.

Sebagaimana diketahui, Nurni Sulaiman merupakan pelatih taekwondo pemegang sabuk hitam DAN IV Kukkiwon atau internasional.

" Kita dari PWI pada prinsipnya ingin mengkader bibit-bibit atlet dari keluarga besar wartawan,” sebutnya. 

Nurni Sulaiman menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang sangat hangat dari Ketua PWI dan sejumlah pengurus. Dia berharap ke depan sinergitas yang sudah terjalin dengan baik dapat lebih ditingkatkan.

" Terima kasih atas atensi Ketua PWI Sumut dan pengurus lainnya. Semoga ke depan sinergitas antara FJPI dan PWI dapat terjalin lebih erat,” pungkas Nurni. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini