|

Kadisdik Ilyas: Puisi Ekspresi Murni Ilmu Tentang Bahasa

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus membuka peringatan Hari Puisi Sedunia yang dirangkai dengan peresmian Taman Literasi di SMPN 1 Sei Suka, Kab Batubara, Rabu (23/03/2022).(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Batubara: Hari Puisi Sedunia menjadi kesempatan untuk menghormati penyair, menghidupkan kembali tradisi lisan pembacaan puisi, serta mempromosikan membaca, menulis dan mengajar puisi. Tidak hanya sebatas seni dan budaya, puisi juga merupakan penyalur pendidikan formal dan informal.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan memperingati Hari Puisi Sedunia yang dirangkai dengan peresmian Taman Literasi di SMPN 1 Sei Suka, Kab Batubara, Rabu (23/03/2022). 

Menurut Ilyas, literasi tidak hanya kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Literasi memiliki makna luas yakni kedalaman seseorang atas sebuah pengetahuan yang kelak dapat digunakan untuk menciptakan barang atau jasa yang bermutu tinggi, dan mampu bersaing di kancah internasional. 

"Literasi berbicara tentang apa yang mau kita produksi dan bisa dipasarkan secara luas. Kesemuanya itu bisa dipelajari dengan membaca, termasuk bagaimana kita menyiapkan keterampilan yang dibutuhkan setiap siswa seperti kualitas karakter, Literasi Dasar dan kompetisinya," katanya. 

Pria yang selalu akrab dengan awak media ini juga berharap dengan adanya kegiatan Peringatan Hari Puisi Sedunia akan menambah kecintaan dan motivasi berkarya dalam bentuk puisi semakin meningkat. 

"Sedangkan hasil karya  berupa tulisan siswa dan guru akan lebih banyak dicetak dan disdik akan hadir membantunya. Oleh karenanya, perlu dukungan semua pihak baik pemerintah, paguyuban sekolah/komite dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)," sebutnya. 

Sebelumnya Kepala UPT SMPN 1 Sei Suka Maslina memaparkan rangkaian dalam kegiatan peringatan Hari Puisi Sedunia ini, yakni launching seribu puisi karya siswa, kemudian juga launching dua buah buku antologi karya guru dan siswa serta tampilan dari siswa siswi berupa tari persembahan, story telling, pantomim, pembacaan puisi yang diiringi tarian balet.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini