|

SMK Tehnik Tempah Siswa/Siswi Terampil, Mandiri Dan Siap Dimana Saja

Kepsek SMK Tehnik Swasta Dairi D Silalahi. (foto : am)
INILAHMEDAN - Dairi : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tehnik Swasta Dairi berkat kerja keras para guru yang membimbing dan menempah siswa/siswi agar menjadi generasi penerus bangsa yang terampil serta mandiri dengan bermodal pengetahuan yang dipelajari itu bisa diandalkan dan siap bekerja dimana berada.

Hal itu dikatakan Kepala SMK Tehnik Swasta Dairi D Silalahi pada awak media di ruang kerja, Rabu (02/02/22). 

Ia mengatakan para siswa SMK Tehik Dairi yang dididik dan ditempah agar bisa mandiri, terampil berusaha serta mampu menciptakan lapangan kerja setelah lulus nantinya. 

Siswa yang sudah tamat dan lulus dari perguruan SMK Swasta Dairi Sidikalang membidangi tehnik itu mampu bekerja dan bila belum, dirantau selalu dipantau.

" Misalnya dia (siswa) berada di Batam, belum dapat kerja, kita carikan tempat kerjanya sesuai dengan ilmu yang dimiliki," sebutnya. 

Selain itu, sambungnya, di SMK Tehnik yang berdiri sejak 1978 tersebut sudah banyak siswa yang berhasil menjadi pengusaha dan juga lolos masuk TNI.

" Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami para guru di SMK Tehnik Swasta Dairi yang mampu bersaing dengan dengan perguruan lain dan mampu pula menempah siswa menjadi terampil bekerja dimana pun mereka berada," tuturnya. 

Oleh karenanya, para guru di SMK Tehnik Swasta Dairi dengan kerja keras mendidik siswa yang berbeda karakter dan sifat harus bisa dibimbing. 

" Di SMK Tehnik Swasta Dairi ini memiliki peralatan praktek seperti peraktek otomotif dan bengkel sepeda motor," jelasnya. 

Bengkel sepeda motor itu disediakan untuk siswa di luar sekolah menjadi tempat prakteknya agar kedepan lebih bertanggung jawab dalam perkerjaannya bila mereka membuka usaha perbengkelan. 

Ia mengaku pula bahwa ada siswa yang masuk di perguruan ini yang tak bisa baca dan tak kenal huruf, namun juga harus dibimbing secara khusus, agar siswa itu bisa baca dan mengenal hurup, serta mampu menjadi orang tehnik. 

Pada tahun ajaran 2020 jumlah siswa di SMK Tehnik Swasta Dairi sebanyak 202 siswa. Untuk tenaga guru dengan gaji relatip rendah, tapi tetap giat dan bersungguh-sungguh dalam mendidk siswa untuk trampil dan mampu bersaing dengan siswa perguruan kejuruan lain. 

" Sehingga kedepan perguruan Sekolah Tehik Swasta ini unggul kedepan sebagaimana program Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu, Dairi harus bisa menjadi unggul dibidag pendidikan," ucapnya mengutip kata bupati.  

Dengan kerja kersa, katanya, para guru menempah siswa yang trampil dan mampu bekerja serta menciptakan lapangan kerja dimana pun berada. " Inilah harapan kami," pungkasnya. (imc/am) 


Komentar

Berita Terkini