|

Direktur PDAM Lae Nciho Dilantik Bupati

Bupati Dairi Eddy melantik Direktur PDAM Lae Nciho, Wahlin Munthe. (foto : am)  
INILAHMEDAN - Dairi : Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Beritu melantik Direktur PDAM Lae Nciho Wahlin Munthe periode 2022-2027 di Balai Budaya Pemkab Dairi Jumat (11/02-22.)

Bupati Eddy menyampaikan bahwa pelantikan sebagai direktur yang terpilih lewat proses uji kepatutan dan kelayakan sekitar 3 bulan. Pelantikan itu merupakan periode kedua baginya.

" Saya selaku Bupati Dairi dan juga kuasa pemilik modal sekaligus mewakili seluruh jajaran Pemkab Dairi mengucapkan selamat kepada direktur terpilih Wahlin Munthe yang baru saja dilantik dan diambil sumpah," ujarnya. 

Ia mengatakan PDAM Lae Nciho telah mendistribusikan air bersih lebih kurang 35 tahun dengan rata-rata tingkat pertumbuhan pelanggan 5.06%. Pada 2021 telah mengelola dan miliki 10 unit wilayah pelayanan mencakup 57 desa atau kelurahan. Serta membangun sistem sebanyak 22 unit untuk melayani 7 cabang dan 3 unit.

Pada 2021 terjadi penambahan pelanggan yang signifikan di tiga kecamatan, sehingga menyentuh angka 3,2 % secara global. 

" Ini merupakan suatu pencapaian yang baik bagi PDAM Lae Nciho dan juga masyarakat Dairi," sebutnya. 

Sebagai komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan pelayanan air minum di Dairi, Pemkab telah menambahkan penyertaan modal kepada PDAM Lae Nciho selama 4 tahun anggaran, terhitung mulai 2021-2024 sebesar Rp 15 miliar.

Penyertaan modal itu merupakan bentuk dukungan agar PDAM Lae Nciho dapat melaksanakan perannya sebagai public service dan kontributor pendapat asli daerah (PAD).

" PDAM Lae Nciho harus tetap berbenah dan berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas, kuantitas dan kontiunitas ketersediaan air minum (3K). Baik terhadap kemampuan produksi maupun perluasan jangkauan distribusi," jelasnya. 

Ia berharap pada tahun ini PDAM dapat menjangkau seluruh Kecamatan. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki PDAM, direktur harus mampu untuk mengoptimalkan sumber daya dan potensi yang ada guna perbaikan dan peningkatan kinerja perusahaan. 

Seorang direktur harus kreatif dan inovatif dalam pengembangan perusahaan ke arah yang lebih baik. PDAM diharapkan pula untuk mampu menjadi badan usaha yang bernilai ekonomis dan dapat mandiri. 

" Pesan saya jadikan jabatan ini sebagai tanggung jawab yang harus disyukuri, amanah dan kepercayaan sehingga anda semakin termotivasi untuk berbuat yang terbaik bagi perusahaan, karyawan dan masyarakat Dairi," imbuhnya. 

Turut hadir dalam pelantikan Dandim 0206/Dairi Letkol Ridwan Budi Sulistyawan, Wakapolres Kompol David Silalahi, Wakil Ketua Pengadilan Monita Sitorus. 

Pj Sekda Budianta Pinem, Assisten 1 Jhony Hutasot, Kadis Kesehatan Hendrik Manik, Kabag Perekonomian Lipinus Sembiring, Ketua TP PKK Romy Mariani Eddy Berutu, Tokoh Masyarakat Abdul Angkat, perwakilan PD Pasar Sidikalang. 

Sedangkan kegiatan berlangsung tetap mematuhi protokol kesehatan. (imc/am/nt)


Komentar

Berita Terkini