|

Lantik Ketua PWI Sergai, Farianda Impikan PWI Sumut Jadi Yang Terbaik

Ketua PWI Sumut Farianda. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Sergai : Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Farianda Putra Sinik mengatakan dirinya punya mimpi untuk menjadikan PWI Sumut menjadi PWI terbaik di Indonesia.

" Mimpi itu tidak ada yang tidak mungkin, sepanjang kita mau berikhtiar (usaha). Kalau ikhtiar dibarengi dengan doa yang didukung kerja keras, tentu akan berhasil. Yang penting mau berusaha berbuat yang terbaik,” ungkapnya pada Konfrensi PWI Kabupaten Serdang Bedagai di Aula T Rizal Nurdin Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (12/01/2022).

Saat ini, katanya, PWI Sumut memiliki 10 program. Delapan diantaranya merupakan program peningkatan SDM, sehingga wartawan di Sumut menjadi profesional, beretika dan bermartabat.

" Untuk meningkatkan SDM itu tentunya melalui pendidikan serta pelatihan. Dan itu harus diuji melalui UKW, sehingga diketahui wartawan yang kompeten. Tentunya ini butuh dukungan dari stakeholder, termasuk Bupati Sergai minimal 1 tahun sekali,” ucapnya. 

Ia juga menyampaikan, dirinya akan mengembangkan organisasi bukan hanya kuantitas, tetapi juga kualitas. " Maka UKW dilaksanakan. Insya Allah, kami akan laksanakan 3 kali, termasuk juga pra UKW,” jelasnya. 

Kepada Ketua dan Pengurus PWI Sergai, Farianda, berpesan untuk menjadi 'Parhobas' (pelayan). " Jadi, jangan pernah berpikir 

untuk dilayani. Ini juga saya sampaikan kepada seluruh pengurus PWI Sumut," sebutnya yang juga Pemred Harian Medan Pos. 

Sementara Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya, mengaku sangat membutuhkan media, karena tanpa media tidak diketahui apa yang telah dan akan diperbuat sebagai program pembangunan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. 

" Tanpa media, tidak ada apa-apanya pemimpin di dunia,” katanya. 

Pria yang akrab disapa Wiwik itu mengaku tidak alergi dikritik media, sepanjang kritik yang disampaikan untuk membangun dan ada perubahan di Sergai.

" Lebih bagus saya dikritik negatif, agar bisa mengkoreksi diri untuk berbuat lebih baik ke depan. Kalau dipuji-puji terus, bisa oyong awak. Pemimpin yang selalu dan terus dipuji bisa membuat masalah dan bikin hancur, karena terlena dan lupa keasyikan di puji,” terangnya.

Terkait Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan dilaksanakan PWI, menurutnya, sangat mendukung dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan.

" Kita ini sering kebablasan karena tidak ada pendidikan. Menjadi penulis secara otodidak, namun tidak tahu sesuatu yang ditulis. Insya Allah, saya siap mendukung UKW agar wartawan lebih berkompeten,” tukasnya.

Diketahui, pada Konfrensi PWI Sergai terpilih secara aklamasi, Edi Sahputra (Hr Waspada) menjadi Ketua PWI Sergai periode 2022-2025. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini