|

Wagubsu : Selain Berperan Penting, Wartawan Harus Mampu Berkompetensi dan Beretika

Wagubsu Musa Rajekshah (Ijeck) diabadikan bersama Ketua PWI dan Ketua DKP Sumut serta para pengurus saat beraudensi. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Medan : Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengatakan peran jurnalis dalam pembangunan Sumatera Utara (Sumut) dianggap cukup penting. 

" Jurnalis harus bisa memberikan contoh-contoh yang baik ke masyarakat. Untuk itu, wartawan yang berkompetensi dan beretika sangat diperlukan agar pesan yang disampaikan dalam pemberitaan memberi manfaat kepada masyarakat," katanya saat menerima audensi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumut terpilih Farianda Putra Sinik bersama Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut M Syahrir, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus PWI Sumut Rifki Warisan, Wakil Ketua Panitia SR Harmonangan Panggabean dan Sekretaris Panitia Riza Mulyadi di Medan pada Kamis (02/12/21).

Selain itu, Wagubsu juga menyampaikan dan meminta pengurus baru PWI Sumut periode 2021-2026 untuk serius dalam menjalankan programnya guna meningkatkan kompetensi wartawan di Sumut. 

" Saya ucapkan selamat kepada pengurus baru. Tadi disampaikan bahwa PWI memiliki program akan meningkatkan kompetensi SDM wartawan, ini sangat bagus. PWI harus bisa mendorong bagaimana wartawan beretika dalam mencari berita dan dalam membuat pemberitaan," ujarnya. 

Ia menyebutkan bahwa kondisi saat ini, di era digitalisasi, media massa sangat berkembang, baik itu media cetak, elektronik dan online dengan saling memberikan beragam informasi kepada masyarakat.

“ Satu sisi, peran PWI mesti ada di sini, karena peran media sangat penting khususnya dalam menyampaikan program pembangunan pemerintah dan bagaimana mengajak masyarakat untuk bisa ikut dalam pembangunan Sumut, “ sebut Ijeck panggilan akrabnya. 

Sementara Ketua PWI Provinsi Sumut terpilih Farianda Putra Sinik, sebagai sosial kontrol pihaknya siap menjadi mata dan telinga serta menjadi wadah berdialog antar lapisan masyarakat.

" Untuk itu, kita akan terus mendorong jurnalis dalam membuat pemberitaan sesuai etika, tidak sembrono, “ katanya sembari mengatakan pihaknya akan dilantik pada 17 Desember mendatang.

 Farianda juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut yang selama ini telah memberi dukungan kepada organisasi kewartawanan di Sumut. 

" Semoga kerjasama yang sudah terjalin bisa ditingkatkan dan sama-sama memajukan Provinsi Sumut," pungkasnya.  (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini