|

Kualitas Pelayanan Ditingkatkan, Kini Samsat Berbasis Digital


Irwasum Polri Komjen Budi. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Kepulauan Riau : Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Agung Budi Maryoto menghadiri rapat koordinasi pembina samsat tingkat nasional korps lalu lintas (Korlantas). 

Ia mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi langkah Korlantas meningkatkan pelayanan berbasis digital.

" Saya mewakili Kapolri untuk mengikuti rapat pembina nasional yang dihadiri seluruh jajaran Direktorat lalu lintas, kemudian ada Bapenda dan Kepala jasa raharja seluruh Indonesia,” ujarnya pada Rabu (08/12/21).

Jenderal polisi bintang tiga itu mengatakan bahwasanya kegiatan tersebut mengenai pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) berbasis digital, salah satunya pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis online.

" Termasuk dengan Korlantas Polri tentang bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan dengan memanfaatkan IT atau digital. Yang sekarang rekan-rekan mungkin sudah paham yaitu Sim Nasional atau Signal (Samsat Digital Nasional),” paparnya. 

Dengan adanya kebijakan itu, Agung mengklaim tak akan ada penyimpangan perilaku koruptif dari oknum soal pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sebab sistem pembayarannya yang sudah transparan.

" Kenapa ini penting? Yang pertama tentu secara internal Polri dapat meminimalkan terjadinya penyimpangan, karena secara pelayanan, masyarakat yang tadinya langsung membayar kepada petugas, tapi bisa melalui perbankan ataupun melalui digital,” tegasnya.

Menurutnya, inovasi anyar dari korps lalu lintas (korlantas) ini hampir 95% sudah bisa dinikmati di wilayah provinsi Indonesia.

" Kemudian yang baru-baru ini telah diluncurkan yaitu samsat digital nasional yang sampai dengan saat ini sudah 29 provinsi terintegrasi dan 4 provinsi dalam waktu dekat akan terintegrasi juga,” katanya.

Selain itu, Budi mengatakan, diadakannya rapat akbar tersebut merupakan langkah dari kepolisian khususnya jajaran lalu lintas untuk turut berkontribusi memulihkan kondisi perekonomian Indonesia di masa pandemi.

" Ini juga merupakan penjabaran bagaimana kita membantu pemerintah daerah untuk mengembalikan dan memulihkan ekonomi nasional. Sehingga adanya aktivitas seperti acara hari ini bisa membantu menaikkan ekonomi nasional, yang perlu dapat kami sampaikan bahwa bapak Kapolri memberikan apresiasi kepada samsat pembina,” pungkasnya. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini