|

Revitalisasi Lapangan Merdeka: Kota Lama, Atraksi Budaya, Festival Tarian dan Paket Wisata

Kondisi terkini Lapangan Merdeka yang akan direvitalisasi.(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen merevitalisasi Lapangan Merdeka dan pembenahan kawasan Kota Lama Kesawan. 

Selain untuk menjadikan Lapangan Merdeka sebagai cagar budaya dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), langkah revitalisasi yang menjadi satu kesatuan dengan kawasan Kota Lama Kesawan ini juga dapat membangkitkan potensi wisata di Kota Medan. Seperti wisata sejarah, wisata religi dan juga wisata budaya sekaligus menjadi icon baru di Kota Medan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi mengatakan pembenahan Kawasan Kota Lama Kesawan dan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan akan memunculkan satu paket wisata baru bagi masyarakat.

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau bangunan bersejarah di kawasan Kota Lama Kesawan.(foto: bsk) 


"Nantinya akan saling terintegrasi antara wisata sejarah, wisata religi, dan wisata budaya yang ditampilkan dalam satu tempat dan ini akan menjadi icon baru di kota Medan," kata OK Zulfi.

Lapangan Merdeka Medan memiliki nilai sejarah yang sangat signifikan dengan kemerdekaan perjuangan bangsa Indonesia. Begitu juga dengan kawasan Kota Lama Kesawan yang juga dikeliling bangunan-bangunan bersejarah.

Untuk mendukung pelaku UMKM di Kota Medan, kata dia, nantinya Pemko Medan juga akan menempatkan pelaku-pelaku UMKM untuk berjualan makanan tradisional dan modern yang berasal dari masing-masing etnis budaya yang ada di Kota Medan.

"Kita kan multietnis, jadi nantinya akan banyak dijual kuliner-kuliner ciri khas yang mewakili setiap etnis budaya di Kota Medan. Termasuk juga etnis dari Asia. Tentu ini akan menjadi simbol keberagaman budaya masyarakat di Kota Medan ditambah lagi masyarakatnya yang beragam agama namun tetap hidup rukun berdampingan," ujar Ok Zulfi.

OK Zulfi juga menyebutkan Dinas Kebudayaan Kota Medan juga memiliki program pekan warisan budaya yang digelar sekali setahun di Lapangan Merdeka Medan. Dalam pekan warisan budaya ini berbagai atraksi budaya dan pameran diadakan dalam sepekan.

"Kita menampilkan festival tarian, karnaval budaya, pameran foto dan juga nantinya ada kegiatan heritage walk bagi masyarakat umum," sebutnya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini