-->
    |

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW: Jadikan Rasul Suri Tauladan

Ketua panitia Drs Syahdin Setia Budi Pane saat memberikan santunan usai kegiatan Maulid Nabi Muhammad di Masjid Jamik Ubudiyah di Jalan Pelita I Gang Tangga Batu Kecamatan Medan Perjuangan, Sabtu (30/10/2021). (foto: fat)


INILAHMEDAN - Medan: Nabi Muhammad SAW hendaklah dijadikan suri tauladan dalam kehidupan sehari hari.

Hal itu disampaikan Al Ustadz Drs KH Samin Pane MA dalam tausyiyahnya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M, Sabtu (30/10/2021) di Mesjid Jamik Ubudiyah Jalan Pelita 1 Gang Tangga Batu Kelurahan Sidorame Barat II Kecamatan Medan Perjuangan.

Al Ustadz yang juga dikenal dengan sebutan Ustadz Sampan itu menyampaikan sabda Rasulullah yang mengatakan, tidaklah aku diutus kecuali untuk memperbaiki akhlak.

"Peringatan ini hanya sarana mengulang kaji biar kita dapat ilmu. Nabi Muhammad mengatakan, orang yang mulia itu adalah orang yang tidak sempat bertemu denganku tapi dia sangat mencintaiku dan merindukanku dan mereka mendapat safaatku," ujar Al Ustadz.

Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW itu mengambil tema "Mari kita tingkatkan Akhlakul Karimah dan Cinta kepada Rasulullah SAW,".

"Akhlakul karimah itu adalah kejujuran. Makanya rasul digelar al amin (yang dipercaya/jujur). Kalau jadi orang jujur itu nikmat. Beruntunglah orang yang sibuk mencari kekurangan diri sendiri dan tidak sempat mengingat kekurangan orang lain," ujar Samin Pane.

Dalam tausyiyahnya, Ustadz Samin Pane juga menyampaikan, Rasul mencintai ibadah. Ibadah harus dikerjakan dengan Ikhlas.

"Orang yang cinta itu (cinta kepada Nabi Muhammad), akan mengikuti apa yg dikerjakan yang dicintainya. Semua ini hanya titipan. Sebaik baik manusia yang bermanfaat bagi manusia," tuturnya.

Sementara ketua panitia Drs Syahdin Setia Budi Pane menyampaikan, dua agenda yang dilaksanakan hari ini yaitu melaksanakan salat tasbih dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Juga pemberian santunan, minyak makan dan sabun kepada anak yatim piatu dan yang tidak mampu," katanya.

Syahdin Setia Budi Pane yang juga Camat Patumbak menyampaikan, santunan yang diberikan merupakan stimulan ketika kita hidup. 

"Mari kita sayangi anak yatim, dan juga  berakhlakul karimah," imbaunya.

Ketua BKM Jamik Ubudiyah A Rahman Siregar mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dan berharap agar kita semua mengingat dan mengikuti apa yang dikerjakan Nabi Muhammad.

Mewakili pemerintahan setempat dari Kelurahan Sidorame Barat II Zulfansyah Harahap berharap kegiatan berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan.

Juga berharap agar tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua BKM dan masyarakat bersinergi membangun Kota Medan untuk menjadikan Medan lebih maju, kondusif, bermartabat, nyaman, rapi dan indah.(imc/fat) 


Komentar

Berita Terkini