-->
    |

Normalisasi Tiga Sungai, Bobby: Relokasi Warga Usung Konsep Rusunami

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menelusuri sungai di Kota Medan yang sudah terjadi pendangkalan beberapa waktu lalu. (foto: dok) 

INILAHMEDAN - Medan: Normalisasi sungai merupakan salah satu upaya yang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk mengatasi persoalan banjir di Kota Medan. Ada 3 sungai yang akan dinormalisasi yang telah disetujui  Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II. Yakni Sungai Deli, Babura dan Bedera.

Tentunya normalisasi yang akan dilakukan berdampak terhadap warga yang tinggal di bantaran ketiga sungai tersebut. Oleh karenanya warga tersebut  harus direlokasi ke tempat yang lebih aman. 

Menantu Presiden Joko Widodo ini pun menyadarinya dan telah menyiapkan konsep rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan mengedepankan manfaat bagi masyarakat dalam relokasi bantaran sungai tersebut.

Diungkapkan Bobby, penanganan banjir merupakan salah satu program prioritas yang harus dituntaskan hingga berakhir masa jabatannya sebagai Wali Kota Medan. Selain terus melakukan perbaikan atas buruknya drainase yang ada, normalisasi sungai merupakan salah satu akar masalah mengatasi banjir maupun genangan air yang terjadi di Kota Medan. Sebab, umumnya sungai yang melintasi ibukota Provinsi Sumatera Utara  telah mengalami pendangkalan.

“Agar normalisasi sungai dapat dilakukan secara maksimal, tentunya warga yang tinggal di bantaran sungai harus direlokasi. Dalam melakukan relokasi, tentunya dibutuhkan rumah pengganti yang layak huni bagi warga yang terkena relokasi. Untuk itu kita telah menyiapkan konsep rusunami sebagai solusi dari relokasi yang akan dilakukan,” kata Bobby kemarin.

Dengan konsep rusunami ini, Bobby ingin memberikan manfaat bagi masyarakat dan kota, berbeda dari relokasi bantaran sungai sebelumnya. Selain penanganan banjir dapat dilakukan secara maksimal, konsep ini juga akan memberikan rumah yang layak huni bagi warga yang  terdampak dari normalisasi sungai tersebt. Bobby optimis pergerakan ekonomi dapat dilakukan jika konsep rusunami ini dapat terwujud.

“Jika relokasi bantaran sungai ini dapat dilakukan, setidaknya ada beberapa manfaat jika program ini terwujud. Tidak hanya penanganan banjir, juga penyediaan rumah yang layak huni bagi masyarakat dan pergerakan ekonomi,”  ungkapnya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini