|

Kemensos akan Bangun Jembatan Gantung di Desa Buluh Awar

Mensos RI Tri Rismaharini didampingi Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Dharma, Camat Sibolangit Febri E Gurusinga dan rombongan lainnya menuju lokasi longsor untuk ditinjau di Desa Buluh Awar, Kecamatan Sibolangit, Jumat (19/11/2021).(foto: fat) 


INILAHMEDAN - Medan: Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini meninjau badan jalan yang terputus akibat longsor di Desa Buluh Awar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Jumat (19/11/2021).

Risma bersama rombongan meninjau lokasi longsor dan menyampaikan penanganan agar tidak terjadi longsor susulan kepada Dinas PUPR Deliserdang. Ia meminta warga dilarang kembali bermukim di lokasi yang terkena longsor. 

"Untuk lokasi longsor jalan penghubung Desa Buluh Awar akan segera diperbaiki," katanya.

Seperti diketahui, Risma bersama rombongan tiba di lokasi longsor pada pukul 08.30 WIB disambut Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Camat Sibolangit Febri E Gurusinga, Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Dharma, Danramil 03 Sibolangit Kapten Arh Liston B Situmeang.

Kepala UPT Puskesmas Sibolangit Tomo Edy, Kadis Damkar Deliserdang Kurnia Boloni, Kadishub Deliserdang Suryadi Aritonang, Kadis PUPR Deliserdang Janso Sipahutar, Kadis Perkim Deliserdang Heriyansah Siregar, Kadis BPBD Deliserdang Zainal Abidin Hutagalung, Kadis Sosial Deliserdang Rudi Tambunan dan lainnya.

Febri Gurusinga mengatakan ada wacana dari Risma akan membangunkan jembatan gantung di Desa Buluh Awar. "Tadi ada wacana dari ibu Mensos dibangunkan jembatan gantung," ujarnya. 

Ia mengatakan Pemkab Deliserdang bersama kepala desa saat ini sudah melakukan pendekatan dengan pemilik tanah sebanyak 20 orang yang dianggap representatif untuk pembukaan jalan baru. 

"Tapi dalam hal ini ada satu orang lagi pemilik lahan yang belum setuju," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Buluh Awar Obet Bukit juga membenarkan Mensos akan membangun jembatan gantung. "Iya, informasinya dari kementerian yang akan membangunnya," ungkapnya.

Pihaknya juga diminta untuk mendata lahan warga yang terdampak akibat longsor. Kondisi longsor di desa rohani tersebut saat ini, ia menyebutkan sudah berukuran panjang 200 meter dan lebarnya 50 meter. "Dari pendataan saat ini sudah ada 13 orang yang lahannya terkena longsor," sebutnya.

Sebelumnya, Tri Rismaharini mengunjungi lokasi longsor dan pengungsi di Dusun III, Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut, Jumat (19/11/2021) pagi.

Terpisah, Tokoh Pemuda Sibolangit Leo Bastari Bukit apresiasi Mensos Tri Rismaharini yang sudah memberikan waktu mengunjungi sekaligus memberikan bantuan kepada pengungsi longsor di Desa Kinangkung serta meninjau lokasi jalan longsor di Desa Buluh Awar.

Ia berharap bantuan dari Kemensos yang akan membangunkan rumah kepada 15 pengungsi yang menjadi korban longsor di Desa Kinangkung dan wacana pembangunan jembatan gantung di Desa Buluh Awar dapat dimulai tahun 2021 ini.

"Sebab, para pengungsi longsor di Desa Kinangkung dan warga Desa Buluh Awar sangat membutuhkan pembangunan yang akan dilakukan. Semoga Tuhan memberikan kesehatan kepada ibu Risma," ucap pria yang berasal dari Desa Buluh Awar ini. (imc/fat)



Komentar

Berita Terkini